JOGLOSEMARNEWS.COM Nasional Semarang

Penutupan Lokalisasi Gambilangu (GBL), Sejumlah PSK Telah Berkemas Sejak Kemarin

Ilustrasi. pexels
loading...
Loading...

KENDAL-JOGLOSEMARNEWS.COM – Lokalisasi Gambilangu (GBL) yang terletak di area perbatasan di Kabupaten Kendal dan Kota Semarang ditutup mulai hari ini. Untuk titik lokalisasi yang masuk di kawasan Kabupaten Kendal sejak Senin (18/11/2019) sejumlah Pekerja Seks Komersil (PSK) telah melakukan persiapan.

Di area prostitusi yang terletak di Dukuh Mlaten, Desa Sumberejo, Kecamatan Kaliwungu telah mengemasi barang dan pakaiannya. Hal itu setelah Pemkab Kendal resmi bersama Kementrian Sosial menyatakan akan menutup lokalisasi yang berada di perbatasan wilayah Semarang-Kendal tersebut.
Informasi yang dihimpun, lokalisasi yang dihuni lebih dari 250 PSK tersebut mulai mengemasi barang-barang mereka untuk dibawa pulang ke kampung halamannya.

Seperti dilakukan PSK berinisial MRS (29) asal Kecamatan Boja, terlihat mengemasi barang-barang pribadinya ke dalam kertas karton (kardus). Dia mengaku akan pulang kampung untuk menjalani hidup sebagai ibu rumah tangga.
“Mau gimana lagi Mas. Kan besok (hari ini-red) akan ditutup,” kata dia.

Baca Juga :  Dari Bank Mampir Beli Minum, Jok Motor Dibuka Paksa Pencuri, Uang Rp 50 Juta Warga Juwana Pati ini Melayang

Sementara itu, Ketua Resosialisasi Gambilangu, Kasmadi mengaku jika penutupan sudah melalui kesepakatan bersama antara mucikari atau warga setempat, para PSK dan pengurus Resos. “Ini program nasional. Apapun keadaannya, mau tidak mau kami harus melaksanakannya,” kata dia.
Dijelaskannya, dari awal jumlah PSK yang didaftarkan ada 250 PSK. Namun setelah dicek oleh Kemensos turun jadi 194 PSK. Kemudian dilakukan sosialisasi dan verifikasi hanya 145 PSK yang bisa menerima.

“Data terakhir, dari Kemensos hanya memberikan uang taliasih kepada 100 PSK saja. Sedangkan lainnya tidak dapat,” terang dia

Sekdar diketahui, dari 100 PSK tersebut nantinya akan mendapatkan uang taliasih sebesar Rp 6 juta sebagai modal usaha dan jaminan hidup.
Seperti diberitakan sebelumnya, Lokalisasi Gambilangu atau yang populer dengan sebutan GBL yang terletak di perbatasan antara Kabupaten Kendal dan Kota Semarang resmi ditutup, Selasa (19/11/2019) hari ini.

Baca Juga :  Dua Pengedar Sabu Digerebek di Gang Pembangunan. Polisi Amankan Satu Paket Sabu dan Alat Bong 

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kota Semarang, Muthohar mengatakan, berbagai persiapan telah dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang.
Menurut dia, pihak Pemkot Kota Semarang telah berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kendal. Hal itu dilakukan mengingat sebagian wilayah GBL masuk Kabupaten Kendal.

“Rencananya, penutupan GBL baik yang masuk wilayah Semarang maupun wilayah Kendal akan dilakukan secara bersamaan di Terminal Mangkang pada Selasa, 19 November 2019 (hari ini),” kata dia, kemarin. Satria Utama

Loading...