JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sukoharjo

Ajak Swasta Lebih Peduli Difabel, Pemkab Sukoharjo Bari Contoh. Ini Alat Bantu yang Diberikan Bagi Difabel

Pemberian bantuan bagi difabel di Sukoharjo. Dok. Humas Pemkab Sukoharjo

SUKOHARJO, JOGLOSEMARNEWS.COM
Penyadang disabilitas di Sukoharjo mendapatkan bantuan berupa alat bantu dari Pemkab Sukoharjo. Di sisi lain kalangan swasta dan elemen masyarakat diajak lebih peduli terhadap difabel.

Bantuan yang disalurkan antara lain kursi roda, bantuan alat dengar khusus, alat bantu dengar biasa, bantuan kaki palsu, bantuan pangan non tunai, dan lainnya. Menurut laman resmi Pemkab Sukoharjo, Sabtu (28/12/2019), pemberian bantuan bersamaan dengan peringatan Hari Disabilitas Internasional (HDI) 2019 di Pendopo Graha Satya Praja, Jumat (27/12).

Baca Juga :  Kasus Positif COVID-19 di Sukoharjo Kini Bertambah 11 Menjadi 589, Pasien Meninggal Tidak Bertambah

Plt Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Sukoharjo, Djoko Indriyanto, menegaskan, swasta dan seluruh elemen masyarakat harus ikut berperan untuk mewujudkan masyarakat yang terbuka serta menciptakan dan memperbesar peluang akses para penyandang disabilitas dalam seluruh aspek kehidupan sosial.

Djoko juga mengatakan, terwujudnya partisipasi semua pihak dalam peran serta upaya pemberdayaan dan perlindungan sosial penyandang disabilitas. Serta terwujudnya masyarakat yang inklusif bebas hambatan bagi penyandang disabilitas berdasarkan kesetaraan.

Baca Juga :  Ini Lho Lur Paslon Pilkada Sukoharjo 2020, Ada Joko Santosa-Wiwaha Aji Santosa Alias Joswi dan Etik Suryani-Agus Santosa Atau EA

Selama ini Pemkab Sukoharjo konsisten dan berkomitmen memberdayakan penyandang disabilitas. Seperti dengan penyusunan perda tentang disabilitas, pembentukan desa inklusi, penyaluran bantuan modal usaha, jaminan kesehatan, dan lainnya. Bahkan, tahun ini Pemkab memberikan bantuan Rp300 juta untuk Sanggar Inklusi Tunas Bangsa di Kecamatan Nguter. Aria