JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Udara Sragen Makin Panas, Kodim Prakarsai Penghijauan Massal 26.950 Bibit Pohon di 20 Kecamatan

Dandim Sragen saat memimpin penghijauan massal di Miri, Kamis (5/12/2019). Foto/Wardoyo
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
Dandim Sragen saat memimpin penghijauan massal di Miri, Kamis (5/12/2019). Foto/Wardoyo

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM Dalam rangka memperingati hari Juang TNI-AD tahun 2019 Kodim 0725/Sragen mengggelar penghijauan massal.

Agenda penghijauan itu digelar  bekerjasama dengan Dishutbun Provinsi Jateng dan C Decking & Wood Miri Sragen. Ada sekitar 26.950 bibit pohon yang ditanam di acara tersebut.

Bibit itu terdiri dari 6.400 bibit buah dan 14.550 tanaman keras dan langka. Ribuan bibit itu akan ditanam di 20 kecamatan se-Sragen.

Dari jumlah itu, 7.950 bibit ditanam di wilayah kecamatan Miri dan 19.000 pohon di bagi 19 Kecamatan. Tiap kecamatan kurang lebih mendapat jatah 1000 batang pohon dan di koordinatori oleh Koramil setempat.

Adapun jenis pohon yang ditanam diantaranya pohon langka yakni mentaok, pacira, duwet, merbau, pronojiwo, bisbul dan Bidara serta sengon, rambutan, kelengkeng, salam, trembesi, durian, jeruk, nangka, alpukat, bambu petung, kawista, sonokeling, sirsat sabun, jati dan mahoni.

Baca Juga :  Kronologi Kecelakaan Maut Truk Tewaskan 3 Orang, Satu Bocah dan Ibu Serta Anaknya di Plupuh Sragen. Berawal dari Hindari Sepatu Roda Lalu Truk Nyasak dan Terguling

Kegiatan dihadiri Forkopimda Sragen diantaranya Bupati Sragen dr.Kusdinar Untung Yuni Sukowati, Kapolres Sragen AKBP Yimmy Kurniawan dan Dandim Sragen Letkol Kav Luluk Setyanto.

Dandim mengatakan penghijauan ini bertujuan selain melaksanakan restorasi alam, juga untuk masyarakat agar bisa menikmati hasilnya pada waktu yang akan datang.

Karena konsep penghijauan kali ini tidak menanam didaerah yang dianggap tandus atau kering. Namun akan didrop kerumah rumah warga sehingga bisa ditanam di pekarangan rumah masing masing.

Baca Juga :  Terungkap, Aksi Perusakan Tugu PSHT di 3 Kecamatan di Sragen Libatkan Rombongan IKSPI. Diduga Untuk Show Of Force, Sempat Kocar-Kacir Dihalau Polisi Hingga Puluhan Motor Ditinggal

“Sehingga pada saatnya nanti dapat menghasilkan buah yang dapat dipanen dan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” paparnya.

Selain itu, kegiatan penghijauan juga diharapkan menurunkan suhu lingkungan di Sragen yang cenderung panas. Sekaligus untuk  bisa mengantisipasi kekeringan pada tahun mendatang.

Kegiatan penghijauan juga akan dilaksanakan serentak di 19 kecamatan lainya yang akan diinisiasi oleh Koramil setempat dan akan ditanam didaerah tandus ataupun sepanjang turus jalan.

Dalam kegiatan juga ada Donor darah, pengobatan masal, pembagian paket sembako untuk warga kurang mampu serta dimeriahkan oleh drumband Canka Suhbrastha dari Yonif Raider 408/Suhbrastha. Wardoyo