JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Berita Wonogiri Update. Ternyata Segini Luas Wilayah Kabupaten Wonogiri, Lengkap Disertai Peruntukan Lahannya

Lahan pertanian di Wonogiri.JSNews/Aris Arianto
Lahan pertanian di Wonogiri.JSNews/Aris Arianto

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Kabupaten Wonogiri merupakan daerah terluas kedua di Jateng setelah Cilacap. Dengan fakta itu, Kabupaten Wonogiri memiliki potensi bidang pertanian yang mengandalkan luas lahan cukup lengkap, mulai dari pertanian, perkebunan dan tanaman hortikultura lainnya.

Data yang dihimpun dari Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Wonogiri dan Buku Pintar Kabupaten Wonogiri, Senin (13/1/2020), Kabupaten Wonogiri memiliki luas wilayah 182.236,02 hektare.

Perincian penggunaan lahan sebagai berikut. Lahan untuk sawah seluas 32.569 hektare (17,88%), lahan untuk tegal seluas 88.638 hektare (48,85%), lahan bukan pertanian seluas 37.925 hektare (20,82%). Selanjutnya lahan hutan rakyat seluas 4.370 hektare (2,40%), dan lahan hutan negara seluas 17.662 hektare (9,69%).

Baca Juga :  Nyawiji Masih Menjadi Perselisihan Josss dan Harjo, Lantas Bagaimana Langkah KPU Maupun Bawaslu Wonogiri Menyikapi Permasalahan ini?

Penggunaan tanah untuk lahan sawah kebanyakan dijumpai di dataran banjir, dataran alluvial serta kaki perbukitan. Sedangkan penggunaan tanah untuk lahan bukan sawah terutama untuk lahan tegal menempati hampir sebagian besar wilayah Kabupaten Wonogiri.

Lahan tegal umumnya ditanami dengan jenis tanaman ketela pohon, jagung, kedelai dan padi gogo. Sedangkan hutan rakyat menyebar secara luas pada perbukitan- perbukitan yang ada dengan berbagai macam jenis tanaman seperti pohon jati, pinus, sono keling dan mahoni. Penggunaan tanah untuk lahan bukan pertanian untuk banguan dan pekarangan.

Dengan kondisi geografis sebagaimana uraian diatas Kabupaten Wonogiri mempunyai nilai cukup strategis dan memiliki peranan yang sangat penting dalam proses pertumbuhan wilayah di Jawa Tengah.

Baca Juga :  Siapa Sebenarnya Ketua DPRD Wonogiri Pengganti Setyo Sukarno? Kalau PDIP Usulkan Sriyono Sang Ketua Komisi IV

Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Wonogiri, Haryanto mengatakan, secara wilayah, peran Wonogiri sebagai wilayah pengembangan, pelayanan dan kawasan andalan bagian selatan Jawa dengan daya dukung sumberdaya alam yang sangat potensial, terutama produksi sektor pertanian. Peran secara regional, Kabupaten Wonogiri sangat mudah berintegrasi dengan pusat wilayah pengembangan lainnya di Provinsi Jawa Tengah.

Secara nasional Kabupaten Wonogiri merupakan penyuplai komoditas terbaik untuk sektor pertanian khususnya ternak sapi besar, jagung, ubi kayu, ikan, dan kacang mete,” jelas dia. Aria