JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

PKB Klaim Sudah Dipinang PDIP Untuk Berduet di Pilkada Sragen 2020. DPP Tunjuk Mukafi Jadi Pendamping Yuni

Kusdinar Untung Yuni Sukowati dan Mukafi Fadli. Foto/Wardoyo
Kusdinar Untung Yuni Sukowati dan Mukafi Fadli. Foto/Wardoyo

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Sragen mengklaim sudah mengantongi sinyal bakal digandeng oleh PDIP untuk berkoalisi pada Pilkada Sragen 2020 mendatang.

Tak hanya itu, PKB juga menyatakan sudah dipinang untuk mendudukkan calonnya di kursi calon wakil bupati (Cawabup) mendampingi petahana Kusdinar Untung Yuni Sukowati yang hampir pasti diusung sebagai Cabup oleh PDIP.

Hal itu disampaikan oleh Ketua DPC PKB Sragen, Mukafi Fadli, kepada wartawan, Rabu (29/1/2020). Ia mengatakan sinyal pinangan PDIP itu terungkap saat dirinya dipanggil menghadap ke DPP PKB pada Kamis (23/1/2020) lalu.

“Tanggal 23 Januari yang lalu kami dihubungi pimpinan saya di DPW dan DPP bahwa ada permintaan dari partai pemenang untuk mendampingi di Pilkada. Bahkan langsung menunjuk saya untuk mendampingi Mbak Yuni. Semua data, surat-surat dari pimpinan kami juga ada,” paparnya.

Baca Juga :  Berikut Daftar 5 Warga Sragen Yang Meninggal dan Positif Covid-19 Hari Ini. Ada Yang Pulang dari Papua!

Ia mengatakan pinangan PDIP yang menunjuk dirinya sebagai Cawabup pendamping petahana, menurutnya ibarat petir di siang bolong.

Menurutnya hal itu sebuah penghargaan di tengah perhitungan matematika politik Sragen yang saat ini tengah getol mencari kompetitor untuk petahana.

“Tentu kebanggaan bagi kami. Apapun mereka partai besar pemenang di Sragen sampai ada di undangan serius dari pimpinan kami di wilayah dan pusat. Baru kali ini partai penguasa berani meminta kepada kita diambil sebagai Cawabupnya,” terangnya.

Meski demikian, anggota DPRD Provinsi Jateng periode 2019-2024 itu mengaku dirinya sudah menolak tawaran DPP  yang menunjuknya mendampingi Yuni di Pilkada 2020.

Baca Juga :  Covid-19 Meledak di Sunggingan Miri, Total Tambah 10 Kasus Positif dan 1 Suspek Meninggal Hari Ini. Kasus Covid-19 Sragen Tembus 803 Kasus, Sudah 87 Warga Meninggal

Sebagai pengganti, pihaknya sudah menunjuk beberapa kandidat untuk diproyeksikan mengisi tiket Cawabup yang ditawarkan oleh partai pemenang.

“Ada empat nama kandidat yang kita ajukan ke DPP. Kami usulkan Pak Suroto, Endro Supriyadi, Mas Fathurrohman dan Tri Agus Bayuseno. Saya sudah berkali-kali dihubungi dari DPW dan DPP untuk segera menentukan dari daftar nama dan sudah dikirim ke Jakarta,” terangnya.

Mukafi mengaku sudah menyerahkan surat penolakannya itu ke DPW. Pihaknya menyerahkan sepenuhnya kepada DPW dan DPP.

“Karena memang DPP juga didesak oleh partai penguasa untuk segera ada jawaban. Saya sudah berkomunikasi besok dipanggil DPP untuk berdiskusi tentang siapa calon yang layak untuk ditunjuk mendampingi Mbak Yuni,” tegasnya. Wardoyo