JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Semarang

SPP Semua Siswa SMA dan SMK di Jateng Gratis Mulai 1 Januari 2020. Gubernur Ingatkan Yang Terlanjur Mbayar Harus Dikembalikan!

Ilustrasi siswa SMA/K
Ilustrasi siswa SMA/K

SEMARANG, JOGLOSEMARNEWS.VOM– Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo memastikan program SPP gratis bagi siswa SMA/SMK/SLB negeri di Jawa Tengah diberlakukan mulai Januari 2020. Siswa yang terlanjur membayar SPP hingga Juni 2020 berhak mendapatkan pengembalian dari sekolah.

Hal itu disampaikan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di sela kunjungan kerja di Pekalongan, Selasa (7/1/2020). Menurut Ganjar, semua kepala sekolah telah mendapat sosialisi terkait program teresbut.

Baca Juga :  Antisipasi Lonjakan Kasus Covid-19, Gubernur Ganjar Perkuat Koordinasi dengan Wabup Banyumas

“SPP gratis kami mulai tahun ini, kalau ada yang sudah terlanjur membayar full, maka kepala sekolah harus mengembalikan,” tegasnya.

Ganjar juga meminta kepala sekolah, dinas pendidikan dan komite sekolah untuk menyosialisasikan kebijakan baru tersebut. Mereka mesti transparan dan tidak “bermain” anggaran, apalagi korupsi.

“Karena sekarang siswanya ikut mengawasi. Siswa saya dorong menjadi agen-agen antikorupsi di sekolah,” ungkap gubernur.

Baca Juga :  Limbah Medis Virus Corona Blora Telah Mencapai 369 Ton, Sama Dengan Volume Tahun 2019

Dia juga meminta agar pihak sekolah mengurangi pungutan yang dibebankan kepada siswa. Segala bentuk pungutan harus diketahui orang tua siswa dan harus disepakati bersama.

“Yang benar-benar miskin, dilarang dimintai pungutan apapun. Saya minta ini dilaksanakan dengan baik,” ujar mantan anggota DPR RI ini. JSnews