JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Bupati Wonogiri: Rp 100 Juta, Jumlah Minimal Anggaran Pemberdayaan Perempuan Perdesa. Harus Prioritaskan Pengentasan Kemiskinan Jangan Lagi Soal Bikin Gapura Talut Atau Perbaikan Jalan

   

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Wonogiri telah memulai tahapan Musyawarah Perencanaan Pembangunan tingkat Kecamatan (Musrenbang Kecamatan). Bupati Joko Sutopo meminta usulan program diprioritaskan pada pengentasan kemiskinan.

Selain itu pemberdayaan perempuan dan pembangunan kepemudaan mesti mendapatkan perhatian.

Menurut Bupati, banyak usulan-usulan, tapi dalam realisasinya tidak semuanya bisa diselenggarakan dengan baik. Bupati meminta untuk mencermati satu per satu kegiatan Musren yang digelar dari tingkat bawah hingga tingkat Kabupaten, apakah usulan-usulan itu memberikan struktur perbaikan di masyarakat.

“Coba cermati, apakah merubah kemiskinan kita? Apa berbasis skala prioritas? Apa karena ego sektoral belaka? Kegiatane nek gur gawe talud, gapura, dalan rusak sitik didandani, kira-kira bisa mengangkat kemiskinan tidak?” imbuh Bupati, Rabu (5/2/2020).

Baca Juga :  Kasus Pembunuhan Setren Slogohimo Wonogiri, Pemilik Pekarangan Lokasi Penemuan Kerangka Resmi Jadi Tersangka

Bupati berharap usulan yang disampaikan di forum bisa berupa problem-problem sosial yang akan mengurai dan keluar dari masalah kemiskinan. Monentum saat ini dirasa tepat sebagai ruang partisipatif dalam menentukan arah pembangunan Kabupaten Wonogiri. Usulan boleh bebas, tapi tidak sebebas-bebasnya. Usulan harus menuju ke pengentasan kemiskinan.

Selain itu, Bupati minta sinergitas pengelolaan APBD Kabupaten, Kecamatan dan APBDesa membuka ruang bagi kaum perempuan dan peran para pemuda dalam membangun di wilayah masing-masing. Melibatkan perempuan dan pemuda dalam perencanaan hingga pelaksanaan, pada bidang kesehatan, pendidikan, sosial dan peningkatan pendapatan keluarga. Selanjutnya memainkan peran pemuda dalam bidang olahraga, iptek dan inovasi desa.

Baca Juga :  Asyiknya P5 Sehatkan Badan dan Bahagiakan Jiwa Siswa SMP di Jatisrono Wonogiri

“Dana desa saya minta alokasikan kegiatan perempuan Rp 100 juta. Lalu bicara milenial muda, sampai saat ini belum tersentuh kelembagaan, kami minta difasilitasi. Semua itu dalam rangka untuk bersama-sama mengentaskan kemiskinan,” kata dia.

Kecamatan pertama yang melaksanakan Musrenbang adalah Kecamatan Wonogiri dan Selogiri. Direncanakan Musrenbang tingkat kecamatan ini digelar hingga tanggal 26 Februari mendatang dan dihadiri langsung oleh Bupati. Terhitung tanggal 5-26 Februari 2020, gelaran Musrenbang Kecamatan akan didatangi secara langsung oleh Bupati. Sehari ada dua Kecamatan yang akan didatangi sesuai jadwal yang sudah direncanakan. Aria

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com