JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sukoharjo

Jangan Hanya Dimanfaatkan Suaranya. Ini Pentingnya Keberadaan dan Pendidikan Politik Bagi Pemilih Pemula

SUKOHARJO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Sedikitnya 700 pelajar SMA dan SMK di Sukoharjo mengikuti sosialisasi pendidikan politik bagi pemilih pemula.

Dilansir dari laman resmi Pemkab Sukoharjo, Rabu (5/2/2020),
Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya mengatakan, pemilih pemula adalah pemilih yang baru pertama kali akan menggunakan hak pilihnya pada Pilkada mendatang. Tahap pengenalan proses pilkada sangat penting untuk dilakukan kepada pemilih pemula terutama bagi mereka yang berusia 17 tahun.

Dalam pilkada suara mereka sangat menentukan pemerintahan selanjutnya.

“Selama ini pemilih pemula atau kaum milenial selalu menjadi obyek politik mereka hanya dilirik dalam hasil suara saja. Hal ini mengakibatkan tidak tercapainya tujuan pendidikan politik itu secara maksimal. Padahal mereka sangat berperan aktif dan penting dalam kegiatan perpolitikan melalui pesta demokrasi. untuk itu sekali lagi saya sangat mengapresiasi penyelenggaraan sosialisasi ini, mudah-mudahan melalui kegiatan ini dapat menjadi pendidikan politik bagi para pemilih pemula, sehingga dapat meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan Pilkada Kabupaten Sukoharjo yang akan datang,” jelas Bupati.

Baca Juga :  Ini Lho Lur Paslon Pilkada Sukoharjo 2020, Ada Joko Santosa-Wiwaha Aji Santosa Alias Joswi dan Etik Suryani-Agus Santosa Atau EA

Kepala Kesbangpol Kabupaten Sukoharjo Gunawan Wibisono mengatakan, kegiatan itu dilaksanakan untuk menyampaikan informasi tentang tahapan pilkada 2020. Dan agar pelajar sebagai pemilih pemula yang telah memiliki hak pilih dapat berpartisipasi aktif dalam pemilu tahun 2020. Sekaligus merupakan salah satu sarana pembelajaran bagi siswa-siswi yang akan menjadi pemilih pemula agar mengetahui etika dan moral politik. Juga sebagai sarana untuk memberikan kesadaran hak dan kewajiban sebagai warga negara yang berpartisipasi aktif dalam kehidupan demokrasi berbangsa dan bernegara. Aria