JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Serunya Masyarakat Ikuti Festival Durian di Terminal Tirtonadi

Festival durian di Terminal Tirtonadi Surakarta / lisa ariyani

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Berbeda dari hari-hari biasanya, suasana Terminal Tirtonadi hari Sabtu (1/2/2020) terasa sangat meriah. Meriahnya suasana hari itu bukan semata-mata karen banyaknya jumlah penumpang.

Akan tetapi, di lantai 2 terminal  itu terdapat back drop yang bertuliskan Festival Durian. Di Depannya terdapat beberapa gunungan buah durian yang menggiurkan.

Itulah Festival Durian Tirtonadi Season 2. Festival tersebut  kembali digelar oleh Pengelola Terminal Tipe A Tirtonadi Surakarta setelah sukses dalam seminar serupa di season 1.

Rasa rindu, keinginan dan maupun nafsu untuk mencicipi buah durian bakal terpuaskan dalam acara tersebut. Pasalnya, Festival Durian  itu akan berlangsung selama empat hari, terhitung sampai dengan Selasa (4/2/2020).

Kepala Koordinator Terminal Tipe A Tirtonadi, Joko Sutriyanto mengatakan festival durian itu digelar agar  masyarakat mau datang ke terminal dan melihat keadaan terminal saat ini.

Baca Juga :  Muscablub Pemuda Pancasila Solo, Faisol Rifqi Terpilih Jadi Ketua

Harapan ke depan, menurut Joko, masyarakat merasa tertarik untuk datang ke terminal edan kembali menggunakan transportasi darat.

“Maksud awalnya untuk menarik masyarakat datang ke terminal,” ujarnya.

Joko berharap ke depan masyarakat bisa kembali transportasi masal. Kedua, ujar Joko, durian itu sifatnya maniak, tahunan.

“Jadi kita cobalah biar masyarakat berdatangan melihat fasilitas dan pelayanan-pelayanan kami,” tuturnya.

Sementara itu, Tirto salah satu penjual durian di Festival Durian Season 2 Terminal Tipe A Tirtonadi mengatakan bahwa dirinya menjual durian milenial yang didatangkan langsung dari Bengkulu. Harga durian yang ditawarkan mulai dari Rp 20.000 hingga Rp 200.000.

Baca Juga :  Polisi Komitmen Ungkap Kasus Penyerangan Anggota PSHT, Kapolresta Solo Beri Pesan Ini

“Durian milenial itu kata orang Sumatra belum kesentuh tangan sebelum matang. Untuk di sini kita tidak melayani tengkulak,” ujar Tirto.

Terbukti bahwa dengan adanya festival durian ini mampu menarik masyarakat untuk datang ke terminal Tirtonadi.

Durian ini didatangkan dari berbagai daerah Matesih, Tawangmangu, Kalioso, dan juga dari Bengkulu. Antusias masyarakat terhadapat festival ini terlihat dari banyak yang hadir bahkan dari berbagai daerah untuk berburu durian.

“Saya ke sini memang sengaja untuk festival durian, ini udah beli dua tapi yang satu zonk jadi mau coba cari ke toko sebelah,” ujar Nia (23) salah satu pengunjung di festival durian.

Selain festival durian juga terdapat berbagai hiburan serta stand makanan. Serta pada puncak acara Selasa (4/2/2020) akan diadakan gunungan durian dan juga membagikan durian secara gratis kepada masyarakat. lisa ariyani