JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

3 Pasien PDP Corona Karanganyar Masih Dirawat di Ruang Isolasi RSUD. Gubernur Ganjar Minta Rumah Sakit dan Dinkes Aktif Laporkan Data ODP dan PP

Foto/Humas
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
Foto/Humas

KARANGANYAR, JOGLOSEMARNEWS.COM Pemkab Karanganyar melansir jumlah ODP corona di Karanganyar masih 22 orang dan 3 pasien PDP yang diisolasi di RSUD.

Pemprov Jateng akan kirim bantuan APD ke rumah sakit yang menangani kasus corona. Pengiriman bantuan ini, menyusul sejumlah Rumah Sakit di Jawa Tengah mengalami kesulitan dan kekurangan untuk pengadaan Alat Pelindung Diri (APD) bagi tenaga medis.

Hal tersebut diungkapkan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dalam video conference dengan sejumlah Dinas Kesehatan di Pemerintah Kota/Kabupatendi Jawa Tengah.

Menurutnya kesulitan rumah sakit untuk pengadaan APD tenaga medis akan segera direspon pihak Pemerintah Provinsi Jawa Tengah.

Bantuan APD akan segera direalisasikan dalam minggu ini. Sementara bagi Rumah Sakit yang ingin mencari sendiri APD dapat merujuk yang digunakan di Rumah Sakit Moewardi Solo.

“Tetap semangat dalam memberi pelayanan kesehatan. Kita akan segera mengirimkan bantuan APD,” katanya.

Baca Juga :  Ini Pesan yang Disampaikan Anggota DPR RI Komisi IV FPKB Mbak Luluk Ketika Mendampingi Menteri LHK Saat Sambangi Karanganyar

Ditambahkannya, semua Rumah Sakit yag menangani pasien corona harus dengan baik mempersiapkan semua sarana dan prasana mulai dari ruangan isolasi, vitamin dan pengadaan APD.

Pihak Rumah Sakit pun harus menyediakan ruangan tambahan sebagai antisipasi bertambahnya pasien terpapar corona.

Ganjar juga meminta rumah Sakit dan Dinas Kesehatan juga harus aktif melapor perkembangan kasus virus corona mulai dari ODP, PDP hingga yang diisolasi.

“Rumah Sakit maupun Pemkab harus aktif mempersiapkan termasuk gedung untuk merawat pasien. Ini sebagai preventif dan kita tidak berharap seperti di Italia,” tambahnya.

Dalam video conference di ruang SIC Diskominfo Karanganyar, Plt Dinas Kesehatan Karanganyar, Purwanti melaporkan sampai hari ini orang dalam pantauan (ODP) di Karanganyar ada 23 orang yang sudah lulus 1 orang.

Untuk pasien dalam pengawasan (PDP) ada 4 orang yang dinyatakan sudah sembuh 1 orang jadi sampai saat ini yang masih dirawat ada 3 orang.

Baca Juga :  SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar Bekali Guru dengan UU Perlindungan Anak. Antisipasi Agar Guru Tak Mudah Terjerat Hukum

Selanjutnya dilaporkan juga untuk kesiapan fasilitas penanganan covid-19 di Karanganyar menambah ruang isolasi 10 kamar.

Di RSUD Karanganyar ada 15 kamar untuk ruang isolasi dan Rumah Sakit TNI Angkatan Udara yang berlokasi di Colomadu sudah menyiapkan tambahan ruang isolasi sehingga total ruang isolasi di Karanganyar ada 23 kamar.

“Kami juga sudah membentuk gugus dan kita sudah sosialisasi disemua tempat sampai tingkat RT. Untuk tempat-tempat umum sudah disediakan tempat cuci tangan,”ujarnya.

Adapun kendalanya sama dengan kota maupun kabupaten lain yang lain, yakni APD dan VTM

Pada video conference selain Dinkes juga diikuti Rumah Sakit Swasta dan Daerah Instansi terkait seperti Pemkab Karanganyar, Diskominfo dan Kodim 0727 Karanganyar, Senin (23/3/2020) pagi. Wardoyo