JOGLOSEMARNEWS.COM Umum

Kapan Freon AC Mobil Perlu Ditambah? Bau Apek Salah Satu Tandanya

Ilustrasi AC mobil/ pixabay
   

JOGLOSEMARNEWS.COM – Salah satu penunjang utama dalam kenyamanan bagi penumpang mobil adalah udara yang sejuk. Jika Air Conditioner atau AC mobil tak dingin hal tersebut mungkin salah satu sebabnya adalah jumlah freon pada AC telah berkurang.

Seperti dikutip dari laman Auto2000, freon atau bahasa teknisnya adalah refrigerant adalah senyawa kimia yang dapat berubah bentuk dari cair ke gas di dalam sistem AC mobil.

Baca Juga :  Hendak Mencari Ikan, Kapal Jungkung Milik Nelayan Gunungkidul Dihantam Ombak Tinggi, Begini Nasib Penumpangnya

Komponen ini juga yang suhunya bisa berubah-ubah dan ketika diembuskan blower AC maka akan menciptakan udara dingin.

Bila berkurang maka kebanyakan AC mobil akan berkurang tingkat kedinginannya. Namun bukan itu saja penentu bahwa freon yang berkurang. Ciri yang penting untuk menentukan freon AC mobil itu berkurang adalah udara yang diembuskan di kabin terasa bau apek.

Baca Juga :  7 Orang Dirawat di Sejumlah RS di Yogya, Gegara Keracunan Masal di Hajatan

Bau apek ini dihasilkan karena ruang evaporator yang lembab. Karena lembab inilah embusan udara ke kabin akan menjadi bau apek.

Akan lebih parah bila evaporator yang juga sudah kotor. Evaporator yang kotor akan membuat bau apek menjadi lebih menyengat sehingga bau apek akan lebih terasa. Bila freon diganti baru dan volumenya sesuai dengan yang direkomendasikan maka bau apek tersebut juga akan hilang.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com