loading...

JOGLOSEMARNEWS.COM – Salah satu penunjang utama dalam kenyamanan bagi penumpang mobil adalah udara yang sejuk. Jika Air Conditioner atau AC mobil tak dingin hal tersebut mungkin salah satu sebabnya adalah jumlah freon pada AC telah berkurang.

Seperti dikutip dari laman Auto2000, freon atau bahasa teknisnya adalah refrigerant adalah senyawa kimia yang dapat berubah bentuk dari cair ke gas di dalam sistem AC mobil.

Baca Juga :  Tak Ada Kirab dan Tumpengan Massal, Peringatan Hari Jadi ke-274 Sragen Digelar Paling Sederhana Sepanjang Sejarah

Komponen ini juga yang suhunya bisa berubah-ubah dan ketika diembuskan blower AC maka akan menciptakan udara dingin.

Bila berkurang maka kebanyakan AC mobil akan berkurang tingkat kedinginannya. Namun bukan itu saja penentu bahwa freon yang berkurang. Ciri yang penting untuk menentukan freon AC mobil itu berkurang adalah udara yang diembuskan di kabin terasa bau apek.

Bau apek ini dihasilkan karena ruang evaporator yang lembab. Karena lembab inilah embusan udara ke kabin akan menjadi bau apek.

Baca Juga :  Ini Panduan Lengkap Saat Jalani New Normal Bagi Para Pekerja

Akan lebih parah bila evaporator yang juga sudah kotor. Evaporator yang kotor akan membuat bau apek menjadi lebih menyengat sehingga bau apek akan lebih terasa. Bila freon diganti baru dan volumenya sesuai dengan yang direkomendasikan maka bau apek tersebut juga akan hilang.

www.tempo.co