JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Siswa SMK Negeri 2 Ponorogo Bikin Baju APD Hazmat, Hasilnya Diserahkan ke Pemprov Jatim

Ilustrasi

PONOROGO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Program Studi Tata Busana SMKN 2 Ponorogo memproduksi Alat Pelindung Diri (APD) baju jenis hazardous material (Hazmat) Suit.

Hasil produksi nantinya akan diserahkan kepada Pemerintah Provinsi Jatim. Lankah ini dalam rangka membantu Pemprov dalam menangani wabah virus corona atau Covid-19.

Kepala SMKN 2 Ponorogo, Sujono dalam rilis yang diterima JOGLOSEMARNEWS.COM , Sabtu (4/4/2020) mengatakan, semua sekolah kejuruan atau SMK yang memiliki Prodi Tata Busana memang diimbau untuk membuat APD bagi tenaga medis. Pembuatan APD ini dilimpahkan kepada siswa yang sedang menjalani PKL diluar sekolah. Mereka ditarik untuk ikut serta memproduksi APD dibantu tenaga pengajar.

Baca Juga :  Bersepeda Kini Diatur dalam Permenhub, Sanksi bagi yang Melanggar Diserahkan ke Pemda: Bisa dengan Sita Sepeda

Meski dibuat oleh siswa, dia memastikan bahwa quality control produk tetap diawasi. Sehinga baju APD tersebut aman dan nyaman saat digunakan.

“Dengan kecakapan dan keahlian yang dimiliki, SMK Negeri 2 Ponorogo sanggup mengerjakan belasan APD dalam sehari,” kata dia.

Sujono menambahkan selama pembuatan APD tersebut para siswa tidak mengalami kendala apapun. Karena memang para siswa telah terampil dan saling membantu satu dengan yang lain.

Baca Juga :  Gadis Belia di Palembang ini Dituding Jadi Pelakor, Dikeroyok 4 Orang hingga Disilet

Dia mengatakan pihak Pemprov Jatim memberikan target kepada seluruh SMK yang ada di Jawa Timur dengan total sekitar 5000 APD. Sedangkan bahan-bahan untuk memproduksi dan polanya dikirimkan langsung Pemprov.

“Keahlian siswa-siwi dari SMK Negeri 2 Ponorogo akan menjadi sangat berarti di tengah mewabahnya virus Corona, karena mampu memproduksi ratusan APD,” ujar dia.

Siswa juga diberi pengarahan dalam memproduksi APD. Seperti sebelum memegang alat atau bahan para siswa diharuskan mencuci tangan dengan sabun atau handsanitizer serta menggunakan masker selama pengerjaannya. Aria