JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Catat! Sanksi Tegas Bagi Pemudik Nekat Akan Diberlakukan Mulai Jumat 8 Mei

Satlantas Polresta Surakarta bekerja sama dengan Dinas Perhubungan, dan TNI menggelar penyekatan di batas kota selama sepekan ini. Foto: JSNews/Prabowo
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Langkah tegas bakal diberikan kepada para pemudik yang nekat ke Solo mulai, Jumat (08/06/20). Termasuk pemberian sanksi kepada pemudik yang masih bandel.

Kasatlantas Polresta Surakarta Kompol Afrian Satya Permadi, menjelaskan sesuai dengan Permenhub Nomor 25 tahun 2020, yakni batas akhir langkah persuasif dalam penindakan pemudik dilakukan sampai besok. Namun pihaknya masih menunggu petunjuk teknis pemberian sanksi tegas tersebut.

“Mengacu pada regulasi, memang dua minggu awal kemarin kita melakukan penyekatan dengan langkah persuasif, dalam arti himbauan saja. Baru Lusa sampai akhir bulan akan ada pemberlakukan sanksi tegas,”kata Afrian mewakili Kapolresta Surakarta Kombes Pol Andy Rifai, Rabu (06/05/20).

Baca Juga :  Langgar Protokol Kesehatan, Ratusan Pesepeda di Solo Dihukum Nyanyi Lagu Nasional

“Apakah nanti akan diberikan tilang atau seperti apa belum tahu. Kita masih menunggu telegram,” tambahnya.

Satlantas juga menggelar penyekatan pemudik di kawasan Jurug, Kecamatan Jebres, mulai hari ini. Lokasi itu menambah daftar jumlah titik pos pemantauan kendaraan pemudik setelah sebelumnya di Tugu Makutho, pertigaan Faroka, dan kawasan Palang Joglo.

Baca Juga :  Antisipasi Pelanggaran Tahapan Pilkada, Bawaslu Solo Buka Posko Aduan

Dalam penyekatan itu, ada belasan kendaraan yang dipaksa putar balik atau dilarang masuk Kota Solo. Sementara sebelumnya juga ada ratusan kendaraan yang diperiksa karena bernomor polisi luar Solo.

“Hari ini kita lakukan pemeriksaan kendaraan dari luar Kota Solo. Untuk di Jurug sifatnya tentatif waktunya. Dari laporan memang ada beberapa kendaraan yang kita minta putar balik,” papar Afrian. Prabowo