JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Heboh Suara Dentuman Keras Terdengar dari Atas Langit di Sragen dan Beberapa Wilayah Jawa Tengah Tadi Malam

Ilustrasi benda langit jatuh. Foto/JSnews
Ilustrasi benda langit jatuh. Foto/JSnews

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Warga di berbagai wilayah di Sragen dan sejumlah daerah dikejutkan dengan suara dentuman misterius dari arah langit, Senin (11/5/2020) dinihari.

Suara dentuman menggelegar itu terdengar cukup keras hingga sampai membangunkan warga yang terlelap. Bahkan, suara dentuman disertai suara gemuruh misterius itu langsung viral di media sosial.

Data yang dihimpun JOGLOSEMARNEWS.COM , suara dentuman misterius itu terdengar lewat tengah malam tadi. Ada yang menyebut pukul 00.20 WIB. Namun ada juga yang mendengarnya sekitar beberapa menit kemudian, hingga pukul 01.00 WIB.

“Suara dentumannya sangat keras. Kebetulan kami masih terjaga karena siaga di posko. Saya dengar sekitar pukul 00.20 WIB tadi malam. Sangat keras sampai-sampai posko bergetar Mas,” ujar Alfian Rendi Prasetya, Koordinator Relawan Poldes Masaran Posko Sidoharjo di Desa Patihan Sidoharjo, kepada JOGLOSEMARNEWS.COM , Senin (11/5/2020) dinihari.

Ia mengatakan suara dentuman dari arah langit seperti itu pernah terjadi beberapa waktu lalu. Getaran dan dentuman hebat serupa, kala itu terkonfirmasi dari pesawat supersonic.

“Kalau tadi malam saya belum tahu. Yang jelas banyak yang dengar,” tuturnya.

Senada, Yanto, warga Desa Gading Kecamatan Tanon juga mengatakan mendengar suara dentuman serupa dari arah langit, sekitar pukul 00.30 WIB.

Baca Juga :  Bunuh Diri Terjun dari Jembatan, Jenazah Penjual Pentol Goreng asal Tangen Sragen Yang Sempat Hilang 2 Malam Akhirnya Ditemukan Pagi Tadi. Ditemukan Jarak 1,5 KM dari Jembatan Sapen

Dirinya yang saat itu sedang ronda dengan beberapa warga juga kaget dengan suara gemuruh menggelegar dari atas langit.

“Suaranya jelas dan sangat keras. Gemuruh dari atas seperti sebuah benda meledak. Sempat dikira gunung meletus tapi ternyata suaranya dari atas langit. Tadi yang tidur sampai terbangun saking keras,” tuturnya.

Senada, Sutrisno, warga Desa Kecik, Tanon juga mendengar hal yang sama. Ia mendengar sekitar pukul 00.30 WIB saat sedang ronda bersama pemuda.

“Iya suaranya keras sekali dan bergemuruh. Apa ada benda langit meteor yang jatuh atau suara apa nggak tahu. Seperti gempa, keras sekali Mas,” tukasnya.

Suara dentuman misterius itu juga langsung ramai di media sosial. Di grup FB Kumpulan Wong Sragen, beberapa akun mengunggah fenomena itu dan banyak mengundang komentar.

Seperti akun Tedjo Alam yang memposting “Podo krungu suworo glarrr ngono mau ra slur” pukul 01.00 WIB.

Beberapa komentar yang menanggapi rata-rata mengiyakan suara dentuman itu.

Seperti akun Sukri yang menulis komentar “Setelah cahaya itu trun dr langit mngkin itu meteor warna agak kuning selang 15 menit ledakan terdengar. Terjadi sekitar jm 00.18 WIB”

Suara yang sama juga didengar di Bekasi. Akun Gambir bris menulisnya “Bekasi krungu lur”.

Lantas akun Khoiri Al Khoir juga memposting yang sama dengan kalimat ” Info suara ledakan Dari mana ya siapa yang tahu?”.

Postingan itu juga mendapat banjir komentar. Akun Tri Wiyono menuliskan “Dari Jenar sragen juga keras luur”

Lantas Akun Budy Legowo di KWS juga memposting ” Info suara ledakan keras lur.. Pukul 00 : 22 . Daerahmana saja yg dengar..??”

Postingan itu juga disambut ratusan komentar. Akun Daryono menuliskan “Sragen perbtasan ngawi y krungu suarane dri arah tmur ..lbih jlas’y tnyakan aja pihak plat ae”.

Lalu akun Kadung tresna mengomentari “Bnyak nyendake karo lih KUASa lur mungkin niki pepiling kangge umat mugo tansah diwenei keslametn amin”

Suara itu juga disebut terdengar di Sulawesi hingga Mojokerto. Salah satu akun Eny Ibuna Kinara menuliskan komentar “yg pasti wAspada saja lorr.. gk daerah sragen sulawesi juga ada mojokerto yo ono… mbuh kwi ko trafo mbuh kwi asteroid mbuh kwi ban bledos… kita juga tidak tau…. kita wes diuji sama gusti allah bnyk bgt ditahun 2020 ini melainkan gempa, corona gunung meletus kita yo wes diperingati sholat berdoa ikhtiar moga dalam lindungan allah swt…”. (*/Wardoyo)