JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Dramatis! Sapi Kurban Tercebur ke Kali Jenes di Sangkrah Solo, Butuh 3,5 Jam hingga Kerahkan Crane DPU untuk Angkat, Begini Ceritanya…

Penyelamatan dramatis seekor sapi kurban terjadi di wilayah RT 003/RW 001 Kelurahan Sangkrah, Pasar Kliwon, Solo, Jumat (32/07/20) petang. Foto: JSNews/Prabowo
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM — Penyelamatan dramatis seekor sapi kurban terjadi di wilayah RT 003/RW 001 Kelurahan Sangkrah, Pasar Kliwon, Solo, Jumat (31/07/20) petang. Sapi berwarna coklat itu memberontak saat akan dibawa ke lokasi penyembelihan hingga tercebur ke Kali Jenes sedalam kurang lebih 2,5 meter.

Relawan SAR Rajawali Merah Putih, Lutfhi Ahmad Rifai menjelaskan, kejadian itu bermula saat dua ekor sapi tiba di lokasi tersebut menggunakan mobil bak terbuka. Namun tanpa diduga, salah satu sapi justru mengamuk kala diturunkan tiga orang panitia hingga terjun ke sungai.

Baca Juga :  Jalur Kolonel Sugiyono Solo Jadi Black Spot, Sebulan 2 Kali Kecelakaan Maut, Ini Imbauan Polisi

“Jadi saat diturunkan dari mobil itu, salah satu sapi seperti memberontak dan lari. Namun malah jatuh ke sungai,” ungkap Luthfi kepada JOGLOSEMARNEWS.COM .

Tim SAR bersama warga berusaha mengevakuasi sapi tersebut. Namun kondisi yang sulit dan sungai yang curam karena berdinding tembok membuat proses penyelamatan berlangsung cukup lama.

Petugas bahkan harus meminta bantuan crane dari Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Surakarta untuk mengangkat sapi. Petugas dari Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) juga turun tangan dalam proses evakuasi.

Baca Juga :  360 Aparat Gabungan Amankan Salat Idul Adha di Kota Solo

Empat petugas Damkar yang turun ke kali berjibaku mengarahkan sapi ke crane. Setelah berjuang sekitar 3,5 jam sapi kurban itu berhasil diselamatkan.

“Tepat pukul 20.30 WIB sapi bisa diselamatkan dengan kondisi lecet di badan dan kaki. Namun langsung disembelih,” paparnya.

Kejadian itu juga memancing kedatangan warga untuk menyaksikan proses evakuasi. Prabowo