JOGLOSEMARNEWS.COM Nasional Jogja

Penasaran dengan Perpanjangan Tanggap Darurat di DIY, Hanung Bramantyo Temui Sultan HB X

Sutradara Hanung Bramantyo bersama Cristine Hakim menjelaskan kepada sejumlah media dalam konferensi pers peluncuran trailer film The Gift di XXI Cinema Setiabudi, Jakarta, 17 April 2018. Film ini diperanakan oleh Reza Rahadian, Ayushita, Dion Wiyoko dan Cristine Hakim / tempo.co
ย ย ย 
Sutradara Hanung Bramantyo bersama Cristine Hakim menjelaskan kepada sejumlah media dalam konferensi pers peluncuran trailer film The Gift di XXI Cinema Setiabudi, Jakarta, 17 April 2018. Film ini diperanakan oleh Reza Rahadian, Ayushita, Dion Wiyoko dan Cristine Hakim / tempo.co

YOGYAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM ย -Penasaran dengan istilah perpanjangan masa tanggap darurat Covid-19 di DIY, sutradara Hanung Bramantyoย melakukan klarifikasi langsung kepada Gubernur DIY, Sri Sultan HB X di Kraton Yogyakarta, Kamis (16/7/2020).

Dia menuturkan dampak pandemi Covid-19 sangat terasa bagi pekerja di dunia perfilman di tanah air. Sutradara filmย Perempuan Berkalung Sorbanย itu mengatakan, di masa wabah ini, ia harus menunda tiga judul film yang sedang dan akan syuting di Yogyakarta.

Ketiga film itu adalahย Ibuย karya Jihan Angga,ย Surga yang Tak Dirindukan 3ย karya Pritagita, dan film karyanya sendiri,ย Gatotkaca.

Tiga film itu ditunda sutradaraย Ayat-Ayat Cintaย itu sejak diumumkannya perpanjangan masa tanggap darurat di DIY hingga akhir Juli 2020 ini.

โ€œKami semua bertanya-tanya terkait dengan keputusan Gubernur DIY bahwa tanggap darurat COVID-19 diperpanjang,” ujar Hanung dalam keterangannya usai bertemu Gubernur DIY Sri Sultan HB X di Kantor Gubernur Kepatihan Yogyakarta, Kamis (16/7/2020).

Hanung menuturkan perpanjangan tanggap darurat di DIY itu sempat memberikan persepsi kepada dirinya dan rekan-rekannya bahwa situasi COVID-19 di Jogja masih belum selesai.

Baca Juga :  Diduga Hendak Berbuat Kriminal, Remaja Yogya Ini Panik dan Lari Tinggalkan Motor Begitu Saja

“Padahal sebetulnya itu hanya soal urusan administrasi saja,โ€ ujar Hanung.

Hanung pun mengakui, pemahamannya soal perpanjangan status tanggap daturat itu baru terbuka jelas setelah bertemu Sultan HB langsung.

Sultan HB X, ujar sutradara Bumi Manusia itu, telah menjelaskan jika status tanggap darurat dilanjutkan hanya untuk memudahkan pendanaan dan penanganan terhadap pasien atau pihak yang terdampak, tanpa terhambat birokrasi.

โ€œIstilah tanggap darurat sendiri sebetulnya tidak berhubungan langsung dengan kondisi perekonomian, termasuk penghentian aktivitas pariwisata maupun kebudayaan seperti syuting film,โ€ ujar suami artis Zaskia Adya Mecca itu.

Hanung menambahkan, dari hasil pertemuan dengan Ngarsa Dalem itu, intinya para film maker telah diperbolehkan menggelar syuting selama bisa menjalankan protokol kesehatan dan bisa memberikan akses untuk tracing.

Baca Juga :  Hendak Tawuran dengan Sajam dan Bom Molotov, Lima Remaja Asal Bantul Diamankan Polisi

Sultan, menurut Hanung, juga menyarankan untuk tidak melakukan kegiatan yang terlalu banyak melibatkan kru atau membuat film yang harus melibatkan banyak pemain, seperti film kolosal.

“Informasi ini tentu akan kami sampaikan kepada teman-teman maupun pemain. Karena selama ini kendalanya memang kata-kata tanggap darurat COVID-19 ini, seolah-olah PSBB (pembatasan sosial skala besar) diperpanjang, jadi pemain tidak mau ke Jogja, kami pun tidak bisa syuting,โ€ ujarnya.

Hanung mengaku seharusnya sudah melakukan proses syuting filmย Gatotkacaย sejak 18 Juli 2020 ini. Namun karena ada pemain yang tidak berkenan datang ke Jogja, syuting pun tertunda. Pada akhirnya jadwal syuting diundur Agustus 2020 mendatang.

Menurutnya, ada sekitar lima film yang sudah, sedang, dan akan syuting di Jogja, harus tertunda akibat COVID-19.

โ€œKondisi saat ini tentu sangat mengkhawatirkan dari sisi ekonomi kami. Apalagi filmmaker independen, jelas mengalami kesusahan dari sisi ekonomi,โ€ Hanung Bramantyo.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com