JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Sukabumi Digoyang Gempa Tektonik, Episentrum di Laut Sejauh 10 Km

gempa
Ilustrasi gempa. Foto: pixabay.com

BANDUNG, JOGLOSEMARNEWS.COM – Wilayah Sukabumi, Jawa Barat, sempat digoyang gempa tektonik berkekuatan 2,8 Magnitudo, Selasa (21/7/2020) malam.

Menurut catatan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) gempa tepatnya terjadi pukul 20.21 WIB.

Hasil analisis BMKG, pusat gempa atau episentrum terletak pada koordinat 7,02 LS dan 106,96 BT. Tepatnya berlokasi di laut pada jarak 10 kilometer arah tenggara Kota Sukabumi.

Baca Juga :  Pandemi Covid-19 Bikin Organda Tekor Hingga Rp 15,9 T Per Bulan

 “Gempa akibat aktivitas Sesar Cimandiri,” kata Kepala Stasiun Geofisika BMKG Bandung Tony Agus Wijaya.

Sumber gempa tergolong berkedalaman dangkal yaitu sembilan kilometer. Dampaknya, guncangan gempa terasa di Kota Sukabumi dengan skala intensitas II MMI, artinya getaran gempa itu dirasakan oleh beberapa orang dan benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Sementara di daerah Nyalindung getaran gempa terasa dengan skala intensitas III MMI. Guncangan gempa dengan intensitas skala ini dirasakan nyata di dalam rumah seakan ada truk yang berlalu.

Baca Juga :  Insiden Penusukan Syekh Ali Jaber saat Tausiyah di Bandar Lampung, Pisau Menancap di Lengan Kanan dan Darah Mengucur Deras

Sejauh ini BMKG belum mendapat laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempa. Gempa susulan hingga pemantauan pukul 20.40 WIB nihil.

BMKG meminta warga tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

www.tempo.co