JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Semarang

Bantuan Paket Sembako Tahap IV di Kota Semarang Mulai Didistribusikan

Petugas dari Pemkot Semarang melaksanakan proses pengemasan bantuan paket sembako tahap IV untuk warga terdampak covid-19. Istimewa

SEMARANG, JOGLOSEMARNEWS.COM — Pemerintah Kota Semarang melalui Dinas Sosial setempat kembali mendistribusikan bantuan sembako untuk warga terdampak covid-19. Menurut Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kota Semarang, Muthohar, bantuan sembako yang didistribusikan merupakan tahap IV. Ia menyebutkan, total paket sembako yang dibagikan pada tahap IV ini sebanyak 130 ribu paket.

“Saat ini proses pengemasan sudah dikemas dan mulai didistribusikan ke kecamatan. Untuk tahap IV ini, sudah mulai dikirim ke Kecamatan, total ada 130 ribu paket yang dipersiapkan pada tahap IV ini bagi warga Semarang yang terdampak covid-19,” katanya, kemarin.

Baca Juga :  Ganjar Minta Warga Jateng yang Tinggal di Jakarta Dukung Kebijakan PSBB

Muthohar juga menjelaskan bahwa bantuan paket sembako tahap IV kali ini, lebih besar jika dibandingkan pada tahap III lalu. Jika tahap III lalu, dari data yang ada disalurkan sekitar 120 ribu paket kepada warga.

“Untuk tahap IV ini ada penambahan 10 ribu jadi jika di total sebanyak 130 ribu paket yang akan dibagikan,” terang dia.

Saat ini, Muthohar menyebut, pihak Dinsos Semarang telah melakukan pendataan dan verifikasi lapangan sebelum bantuan tahap IV ini diserahkan. Tujuannya adalah agar paket yang disalurkan Pemerintah Kota Semarang bisa tepat sasaran.

Baca Juga :  Pembangunan Kampung Keluarga Berkualitas di Blora Terus Dipacu

“Kita sudah lakukan verifikasi pendataan dilakukan berdasarkan Nomor Induk Kependudukan (NIK). Sehingga harapannya, tidak ada atau tidak terjadi penyaluran yang tidak tepat sasaran,” sambung dia.

Dari data yang ada, sampai Juni 2020 lalu, Pemkot Semarang telah mendistribusikan sebanyak 749.223 bantuan kepada warga masyarakat yang terdampak covid-19.
Bantuan tersebut terdiri dari bantuan sosial Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), bantuan sosial Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Presiden, BNPT, Bansos Pemerintah Kota Semarang tahap I sampai III dan juga Bantuan Sosial Tunai (BST) tahap I -VII. Satria Utama