JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Dampak Covid-19 Meluas, Jokowi: Pemerintah Sudah Keluarkan Semua Jurus

Presiden Jokowi mengikuti KTT Luar Biasa G20 secara virtual bersama Menteri Keuangan Sri Mulyani dari Istana Bogor, Kamis, 26 Maret 2020. KTT ini digelar secara virtual untuk menghindari penularan virus corona / tempo.co

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Pemerintah telah mengeluarkan semua jurus untuk mengatasi dampak pandemi Covid-19, khususnya dampak ekonomi.

Demikian ditegaskan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat membagikan Banpres Produktif di Yogyakarta, Jumat (28/8/2020).

“Pemerintah telah keluarkan semua jurus. Ada yang namanya BLT dana desa, ada Bansos tunai, subsidi listrik, bantuan sembako, subsidi bunga, kemarin juga sudah kami keluarkan subsidi gaji, sekarang kami berikan banpres produktif,” ujar Jokowi.

Baca Juga :  Terkonfirmasi Positif Covid-19, Menag Fachrul Razi Akan Jalani Tes Swab Lanjutan

Banpres produktif ini melengkapi rangkaian bantuan pemerintah sebelumnya. Untuk tahap awal, bantuan ini telah disalurkan pada 1 juta usaha mikro kecil (UMK), yang selanjutnya ditargetkan menjangkau 12 juta UMK.

Pencairan banpres produktif untuk 1 juta UMK itu senilai Rp 2,4 triliun, dengan perincian melalui BNI sebanyak 316.472 penerima dengan nilai Rp 759,5 miliar dan melalui BRI sebanyak 683.528 penerima dengan nilai Rp 1,64 triliun.

Baca Juga :  Segera Daftar, Program Kartu Prakerja Gelombang 10 Resmi Dibuka. Ingat Ini Gelombang Terakhir, Waktu Pendaftaran Cuma 3 Hari

Banpres produktif diberikan senilai Rp 2,4 juta untuk setiap UMK. Pemerintah pun menganggarkan Rp 28,8 triliun untuk program tersebut, yang diperkirakan mampu menjangkau sekitar 12 juta UMK.

Jokowi berharap, semua bantuan tersebut dapat membantu menggerakkan perekonomian di kuartal III 2020 ini.

www.tempo.co