JOGLOSEMARNEWS.COM Market Lifestyle

Ingat, Besok Jumat 9 Muharram dan Sabtu 10 Muharram. Ini Bacaan Niat Puasa Tasu’a dan Asyura

Ilustrasi berdoa.

JOGLOSEMARNEWS.COM Bulan Muharram atau bulan pertama dalam kalender Hijriah termasuk salah satu bulan yang diutamakan. Di bulan ini disunahkan untuk berpuasa, yakni pada tanggal 9 dan 10 Muharram.

Puasa sunah pada tanggal 9 Muharram disebut dengan Puasa Tasu’a, sementara tanggal 10 Muharram yang dikenal dengan Hari Asyura, disunahkan untuk melaksanakan Puasa Asyura.

Tahun ini, tanggal 9 Muharram jatuh pada Jumat, 27 Agustus 2020 besok, sedangkan Hari Asyura jatuh pada Sabtu, 28 Agustus 2020.

Secara bahasa, kata Asyura dalam bahasa Arab bermakna sepuluh, sedangkan secara istilah, asyura adalah tanggal 10, khususnya di bulan Muharam. Puasa Asyura termasuk puasa yang dianjurkan Nabi Muhammad SAW kepada umat Islam.

Sebagaimana hadis Nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan Imam Muslim dari Abu Hurairah RA, bahwa berpuasa pada hari itu memiliki sejumlah keutamaan serta hadis yang diriwayatkan oleh Imam Baihaki.

Baca Juga :  Ramalan Zodiak Hari Ini, Selasa 15 September 2020: Scorpio Jadi Lebih Riang, Sagitarius Merasa Tak Nyaman

“Barang siapa yang melapangkan keluarga dan familinya pada hari Asyura, niscaya Allah melapangkannya sepanjang tahun itu.” (HR al-Baihaki).

Rasulullah SAW tidak memerintahkan secara umum tentang puasa tersebut. Nabi SAW bersabda: “Sesungguhnya hari ini adalah hari Asyura, tidak diwajibkan kamu melakukan puasanya, tetapi saya berpuasa. Barang siapa yang ingin berpuasa, berpuasalah, dan barang siapa yang tidak ingin berpuasa, hendaklah ia berbuka.” (HR Bukhari dan Muslim)

Ritual berpuasa pada tanggal 10 Muharram ini ternyata juga dilakukan oleh orang-orang Yahudi, sebagai rasa syukur atas keselamatan yang diperoleh Nabi Musa dan Bani Israil dari kejaran tentara Firaun yang ditenggelamkan di Laut Merah oleh Allah.

Baca Juga :  Ramalan Zodiak Hari Ini, Senin 14 September 2020: Pertemuan yang Ditakdirkan Menanti Capricorn

Karenanya, untuk membedakan dengan puasa orang-orang Yahudi, umat Islam disunahkan juga untuk berpuasa pada tanggal 9 Muharam.

Berikut ini bacaan niat Puasa Tasua dan Asyura:

Niat Puasa Tasua

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ التَا سُوعَاء لِلهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma ghadin ‘an ada’i sunnati taasuu’aa sunnatan lillahi ta’ala

Artinya: Saya niat Puasa Tasu’a, sunnah karena Allah Ta’ala

Niat puasa Asyura

نَوَيْتُ صَوْمَ فِيْ يَوْمِ عَاشُوْرَاء سُنَّةً لِلَّهِ تَعَالَى

Nawaitu shouma fii yaumi aasyuuroo’ sunnatan lillaahi ta’aalaa

Artinya: Saya niat Puasa Asyura, sunnah karena Allah Ta’ala