JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Akademia

Mahasiswa UNS Inisiasi Penanaman Tanaman Obat Keluarga di Purworejo

Mahasiswa Program Studi (Prodi) Ilmu Administrasi Negara Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta membagikan benih Tanaman Obat Keluarga (Toga). Kegiatan tersebut dilakukan oleh Arina Mardhiyana Husna yang saat ini sedang mengikuti Kuliah Kerja Nyata (KKN) Rekognisi FISIP UNS periode 23 Juli-23 Agustus 2020. Humas UNS

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM — Mahasiswa Program Studi (Prodi) Ilmu Administrasi Negara Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta membagikan benih Tanaman Obat Keluarga (Toga). Kegiatan tersebut dilakukan oleh Arina Mardhiyana Husna yang saat ini sedang mengikuti Kuliah Kerja Nyata (KKN) Rekognisi FISIP UNS periode 23 Juli-23 Agustus 2020.

Selain membagikan benih, Ia juga memberikan edukasi mengenai pemanfaatan Toga kepada warga Desa Lubanglor, Kecamatan Butuh, Kabupaten Purworejo.

Arina yang saat ini duduk di semester tujuh tersebut mengungkapkan bahwa program yang Ia usung tersebut tidak hanya membagikan bibit Toga saja.

“Untuk menambah pengetahuan tentang perawatan jahe, saya mengundang seorang petani jahe yakni Ibu Sri dari desa tetangga. Hal ini bertujuan agar masyarakat dapat paham mengenai cara penanaman, perawatan, hingga pemanfaatan Toga. Jahe sendiri merupakan salah satu Toga yang memiliki khasiat untuk menjaga sistem imunitas tubuh,” ungkapnya dalam rilis, Rabu (26/8/2020).

Baca Juga :  KEREN! Mahasiswa UNS Raih Juara 1 di Ajang IKAB National Scientific Writing and Youth Competition

Kegiatan tersebut dilaksanakan bertepatan dengan Hari Kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus lalu. Ia tidak ingin kehilangan momentum saat masyarakat mengadakan kegiatan bersama sebagai peringatan hari kemerdekaan.

“Berhubung ada lomba di lingkup Rukun Tetangga (RT), pasti banyak warga yang berkumpul baik dari kalangan anak-anak maupun orang tua. Jadi saya membagikan bibit jahe serta mengadakan penyuluhan pada acara tersebut, namun tetap mengikuti protokol kesehatan yang berlaku. Bibit yang sudah dibagikan juga bisa langsung dipindahkan ke polybag yang lebih besar serta diberi pupuk kompos,” jelasnya.

Baca Juga :  KEREN! Mahasiswa UNS Raih Juara 1 di Ajang IKAB National Scientific Writing and Youth Competition

Selain pembagian bibit Toga, Arina juga memiliki beberapa program antara lain edukasi kepada masyarakat mengenai Covid-19, Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), dan New Normal serta memberikan pendampingan kepada siswa-siswa Sekolah Dasar (SD).

“Yang melatarbelakangi program tersebut yakni kurangnya pemahaman dan kesadaran masyarakat Desa Lubanglor dalam menerapkan PHBS. Selain itu, untuk meningkatkan imunitas saya mengusung Toga berupa jahe merah.

Melalui kegiatan ini, semoga masyarakat dapat lebih paham serta menerapkan PHBS dengan menyediakan tanaman obat keluarga di rumah masing – masing,” pungkasnya. Prihatsari