JOGLOSEMARNEWS.COM Netizen

Viral Video Reaksi Warga Palestina saat Diminta Bakar Bendera Indonesia dengan Imbalan 100 Dolar AS, Begini Jawabannya

Tangkapan layar video ekperimen sosial warga Palestina yang menjadi viral. Foto: YouTube/ Abdillah Onim Daily

JOGLOSEMARNEWS.COM Sebuah video eksperimen sosial yang dilakukan di Palestina menjadi viral. Dalam video tersebut ditampilkan bagaimana reaksi sejumlah warga Palestina saat diminta membakar kertas bergambar bendera Indonesia dengan imbalan sejumlah uang.

Video tersebut diunggah di kanal YouTube Abdillah Onim Daily, yang banyak membuat konten tentang misi sosial kemanusiaan dari Indonesia di Palestina.

Salah satunya yakni sebuah video yang menampilkan reaksi sejumlah warga Palestina saat ditawari uang sebesar 100 dolar AS atau sekitar Rp1,4 juta, jika mereka bersedia membakar sebuah kertas bergambar bendera Indonesia.

Dalam video itu, seorang reporter bernama Baraa Shanty berkeliling di Kota Gaza dan bertanya kepada sejumlah orang yang ditemuinya di jalan. Salah satunya kepada seorang pria paruh baya. Awalnya reporter itu bertanya tentang apa yang mereka ketahui tentang Indonesia.

“Bisakah Anda sebutkan rumah sakit terbesar di Jalur Gaza dan siapa yang membangunnya?” tanya sang reporter.

Baca Juga :  Viral Video Emak-emak Gunting Bendera Merah Putih, Tiga Orang Diperiksa. Polisi Ungkap Motif dan Dalami Dugaan Provokasi

“Rumah sakit terbesar di Jalur Gaza adalah Rumah Sakit Indonesia,” jawab pria paruh baya itu.

Kemudian reporter menunjukkan selembar kertas dengan gambar Bendera Merah Putih dan bertanya bendera negara manakah itu. Warga Palestina dengan yakin menjawab “Bendera Indonesia”.

Kemudian reporter itu menantang warga Palestina itu untuk membakar kertas bergambar Bendera Merah Putih dan jika bersedia mereka akan memperoleh imbalan uang sebesar 100 dolar AS. Jawaban warga Palestina itu pun cukup mengejutkan

“Bolehkah Anda berikan saya 100 dolar,” jawab pria itu dan setelah menerima uang itu di tangannya dia melanjutkan jawabannya.

“Sekarang saya siap untuk membakar uang 100 dolar dan saya tidak akan membakar bendera negara Islam.”

“Tidak mungkin membakar bendera Indonesia, (negara) dengan jumlah muslim terbesar dunia. Negara Islam dan Palestina adalah saudara kembar. Antara Al-Quds dan Indonesia.”

“Kami yakin bahwa negara Islam akan terus berdiri untuk Palestina sampai Palestina meraih kemerdekaannya,” jawab pria itu.

Baca Juga :  Cerita Odading Mang Oleh Viral di Media Sosial: Berawal dari Video, Antrean Panjang Pembeli, hingga Ade Londok Dapat Ponsel dari Ridwan Kamil

“Silakan ambil kembali 100 dolar Anda. Sementara bendera Indonesia akan kami sandingkan dengan bendera Palestina. Karena Palestina dan Indonesia saudara seiman seaqidah,” lanjutnya.

Reporter itu kemudian bertanya lagi hal yang sama pada sejumlah warga Kota Gaza lainnya. Dalam video ditampilkan enam orang warga Palestina yang ditanyai dan keenam orang itu memberikan jawaban serupa, memilih tidak membakar bendera Indonesia meski ada imbalan uang.

Selain itu warga Palestina yang ditanya juga menyampaikan doa dan harapan mereka untuk Indonesia yang baru saja merayakan 75 tahun kemerdekaannya.

Video eksperimen sosial berdurasi 7 menit 43 detik yang dibuat dalam rangka memeriahkan HUT ke-75 Kemerdekaan RI itu diunggah di YouTube pada 21 Agustus 2020 lalu dan hingga Sabtu (22/8/2020) siang telah ditonton sebanyak lebih dari 2,8 juta kali. Video lengkapnya bisa ditonton di sini.