JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

100 Tenaga Medis Meninggal Akibat Cobid-19, Presiden Jokowi Ungkapkan Bela Sungkawa

Presiden Jokowi di Gedung Agung, Yogyakarta / tribunnews

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengucapkan duka cita yang sedalam-dalamnya kepada para tenaga medis yang meninggal dunia akibat tertular Covid-19.

“Presiden sekali lagi mengucapkan dukacita sedalam-dalamnya, termasuk kepada keluarga mereka yang ditinggalkan agar tetap disabarkan. Mereka berjibaku tanpa sekat apapun, dengan penuh dedikasi dan profesional,” ujar Juru bicara presiden, Fadjroel Rachman lewat keterangan tertulis, Rabu (2/9/2020).

Fadjroel mengatakan, Jokowi juga memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada tenaga medis yang bekerja sangat keras dan sangat baik sejak pandemi Covid-19 melanda Indonesia.

Baca Juga :  Irfan Hakim Menjual Berapa Nama Hakim MA, Bikin Joko Tjandra Tergiur Menyuap

Pemerintah, kata Fadjroel, tak bosan mengajak masyarakat untuk disiplin memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak agar rumah sakit dan tenaga medis tidak kewalahan dalam menangani pasien Covid-19, dan berakibat kurang baik kepada tenaga medis.

“Masyarakat menjadi garis depan memutus rantai penyebaran Covid-19. Kepada tenaga medis dan rumah sakit, Pemerintah juga mengharapkan senantiasa disiplin dalam penerapan sistem sistem shift/pembatasan jam kerja, karena tenaga medis penolong terakhir masyarakat bila terdampak Covid-19,” ujar Fadjroel.

Baca Juga :  JK Minta Pilkada 2020 Ditunda Sampai Vaksin Covid-19 Ditemukan

Pada (31/8), Ikatan Dokter Indonesia (IDI) mencatat sudah 100 orang dokter yang meninggal dunia akibat Covid-19 sejak Maret hingga Agustus 2020.

IDI mendorong pemerintah membentuk Komite Keselamatan Kesehatan sebagai upaya menjaga dan melindungi para tenaga medis selama bertugas di tengah wabah, apalagi virus ini juga diprediksi belum selesai hingga 2021.

www.tempo.co