JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

DKI, Jabar dan Jatim Tertinggi dalam Hal Peningkatan Kasus Covid-19

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito. Foto: Dok BPNB/M Arfari Dwiatmodjo
   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Tiga provinsi di Indonesia, yakni DKI Jakarta, Jawa Barat dan Jawa Timur merupakan provinsi dengan kenaikan kasus Covid-19 paling tinggi dalam beberapa waktu belakangan ini.

Hal itu diungkapkan oleh Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito.

“Kami ingin memberi perhatian khusus pada tiga provinsi yang mengalami kenaikan cukup tinggi yaitu DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Jawa Timur,” ujar Wiku dalam konferensi pers, Selasa (8/9/2020).

Dari catatan Satgas, hingga Minggu (6/9/2020) lalu, tercatat DKI Jakarta memiliki 46.333 kasus, Jawa Barat 35.643 kasus dan Jawa Timur 15.351 kasus.

Bahkan dari total 11 kabupaten/kota yang memiliki kasus aktif di atas 1.000, 10 di antaranya berasal dari tiga provinsi tersebut.

Baca Juga :  Luhut Diminta Presiden Jokowi Koordinasikan Investasi Apple di IKN

Di DKI Jakarta, ada Jakarta Utara dengan jumlah 1.043 kasus, Jakarta Selatan 1.149 kasus, Jakarta Pusat 1.312 kasus, Jakarta Barat 1.372 kasus dan Jakarta Timur dengan 1.429 kasus.

Sedangkan dari Jawa Barat ada Kota Depok dengan 1.043 kasus dan Kota Bekasi 1.025 kasus. Sedangkan dari Jawa Timur ada Surabaya dengan 1.116 kasus.

Wiku mengatakan ada beberapa hal yang dilakukan tiga provinsi ini untuk memitigasi dan mengantisipasi kondisi yang ada.

DKI misalnya, telah membuat fasilitas isolasi mandiri di dua tower di Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta Pusat untuk masyarakat yang tak tertampung di lingkungannya.

“Kedua, Sekda DKI sudah buat surat edaran nomor 2 tahun 2020 tentang mekanisme kerja ASN dan ini segera dilaksanakan,” kata Wiku.

Baca Juga :  Di MK Banjir Amicus Curiae, di Kawasan Patung Kuda Banjir Massa Berunjuk Rasa, Kubu Prabowo-Gibran Batalkan Aksi

Untuk di Jawa Barat, Wiku mengatakan, mereka melakukan testing PCR lebih dari 50.000 per minggu. Arahan kedisiplinan protokol kesehatan kepada pengelola kawasan industri juga dilakukan.

“Karena industri memiliki potensi dalam penyebaran jumlah kasus,” kata Wiku.

Di Jawa Timur, Wiku mengatakan Gubernur Khofifah Indar Parawansa bersama para penyintas Covid-19 telah melakukan sosialisasi mengenai protokol kesehatan secara bersama-sama.

Selain itu, Khofifah lewat KPU dan Bawaslu telah memberikan arahan kepada bakal calon kepala daerah yang akan mengikuti pilkada untuk mematuhi protokol kesehatan.

“Karena potensi dari klaster pilkada di berbagai daerah. Antisipasi telah dilakukan di Jatim. Semoga daerah-daerah lain juga bisa melakukan antisipasi yang sama,” kata Wiku.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com