JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Dirjen IKP Kominfo: Komunikasi Jadi Senjata Efektif dalam Situasi Pandemi Covid-19

Madu Borneo
Madu Borneo
Madu Borneo

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM
Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kementerian Kominfo, Prof. Dr. Widodo Muktiyo, SE. M.Com melakukan silaturahmi dengan para pemimpin media di Kota Surakarta, Jumat (30/10/2020) malam.

Pertemuan berlangsung secara informal dan santai di MRCL Coffe Studio, Jalan Brigjen Katamso, Surakarta.

Pada kesempatan itu Widodo Muktiyo menjelaskan, pandemi Covid-19 telah menimbulkan dampak secara kompleks baik dalam lingkup personal maupun korporasi.

“Dalam kondisi seperti ini, komunikasi menjadi senjata yang penting dan vital untuk melakukan sosialisasi program-program pemerintah yang lebih efektif,” ujarnya.

Widodo mengatakan, untuk melakukan komunikasi yang baik dan efektif dengan masyarakat, Kominfo melakukan kolaborasi dengan media maupun dengan Dewan Pers, secara kelembagaan.

Baca Juga :  Bhayangkara FC Bermarkas di Stadion Manahan, Wali Kota Rudy: Kesempatan Pemain Muda Solo Dilirik

Melalui kerja sama tersebut, ujar Widodo, Kominfo berupaya untuk membangun optimisme dengan melakukan peliputan Covid-19 secara komprehensif.

“Targetnya adalah liputan mandiri terkait dengan situasi Covid-19, ” bebernya.

Melalui peliputan mandiri tersebut, jelas Widodo, pemerintah berharap bakal mendapatkan gambaran yang lebih utuh mengenai kondisi faktual di lapangan terkait situasi Covid-19, dampak maupun penanganannya.

Point penting lainnya yang perlu dibahas, menurut Widodo adalah proses pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak pada Desember 2020 mendatang.

Ia berharap, Pilkada 2020 dapat berlangsung dengan sehat, cerdas dan damai. Widodo mencontohkan, dalam rangka melakukan sosilisasi, pihaknya telah berkeliling ke berbagai provinsi.

“Kemarin kami baru saja ke Jogja, kolabirasi dengan Komisi Penyiaran Indonesia (KPI). Di situ kami menyosialisasikan mengenai kemanfaatan media dalam konteks terkini,” ujarnya.

Baca Juga :  Kasus Tabungan Rp 72 Juta Hilang di Maybank Solo, Polisi Periksa Kantor Provider

Widodo menjelaskan, menghadapi Covid-19 ini, seluruh elemen memang harus berjalan seiring sejalan dan saling mendukung.

Kominfo, menurut Widodo, kebijakannya juga sejalan dengan kementerian yang lain, termasuk Kementerian Keuangan.

Dalam konteks pamdemi Covid-19 ini, menurut Widodo, pihaknya berupaya meyakinkan Menteri Keuangan bahwa jumlah korban dapat berkurang melalui penyampaian pola komunikasi yang baik dengan masyarakat.

“Targetnya adalah jumlah korban bisa berkurang,” ujarnya.

Senyampang dengan itu, dalam kesempatan tersebut Widodo Muktiyo sekaligus juga menjaring aspirasi, masukan dan usulan dari para pemimpin media di Surakarta untuk melakukan perbaikan pada sistem komunikasi. suhamdani