JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Inilah 10 Besar Kampus Terbaik di Indonesia Versi QS World University Rangkings. UGM Nomor 1, UMS Urutan 10

Gedung Induk Siti Walidah UMS. Foto : dok UMS
Madu Borneo
Madu Borneo
Madu Borneo

UMS Siti Walidah
Gedung Induk Siti Walidah UMS. Foto : dok UMS

SOLO,JOGLOSEMARNEWS.COM -QS World University Rangkings kembali mengumumkan daftar perguruan tinggi (universitas) terbaik di dunia tahun 2021. Dilihat dari akun resmi instagram QS World University Rangkings, @topunis, menyebutkan Universitas Muhamamadiyah Surakarta (UMS) masuk ke dalam 10 besar perguruan tinggi terbaik di Indonesia bersama dengan kampus-kampus terkemuka lainnya di tanah air.

Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) masih eksis bertengger di antara perguruan tinggi negeri tersohor di Indonesia. Berikut 10 perguruan tinggi terbaik di Indonesia versi QS World University Rangkins :

  1. Universitas Gadjah Mada (UGM)
  2. Universitas Indonesia (UI)
  3. Institut Teknologi Bandung (ITB)
  4. Universitas Airlangga (UNAIR)
  5. Institut Pertanian Bogor (IPB)
  6. Institut Teknologi Sepuluh November (ITS)
  7. Universitas Bina Nusantara (UBINUS)
  8. Universitas Padjadjaran (UNPAD)
  9. Universitas Diponegoro (UNDIP)
  10. Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS)

 

Menyikapi hasil pemeringkatan QS World University tersebut, Rektor UMS, Prof Dr Sofyan Anif mertasa bangga dan sekaligus meningkatkan rasa bersyukur karena sejauh ini UMS masih mendapat kepercayaan dari masyarakat dan menunjukkan kualitas yang tidak kalah dengan kampus-kampus besar di tanah air.

Baca Juga :  Bhayangkara FC Bermarkas di Stadion Manahan, Wali Kota Rudy: Kesempatan Pemain Muda Solo Dilirik

 

“Ini bukti bahwa pengelolaan kampus ini pada jalur yang benar dengan terus menjaga kualitas sehingga kepercayaan masyarakat masih tinggi. Di usia UMS yang memasuki 62 tahun, UMS makin mendapatkan trust dan recognize di hati masyarakat. Sehingga kami optimis bahwa UMS akan menjadi world class university di masa mendatang” ujar Prof. Dr. Sofyan Anif, M.Si dalam siaran pers yang diterima Redaksi JOGLOSEMARNEWS.COM , Rabu (28/10/2020).

 

Secara institusi, kualitas akademik UMS sudah terakreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Kemudian dari 60 program studi yang dimiliki UMS, sudah 60 persen lebih prodi terakreditasi A.

 

Menilik QS World University Rangkins dikelola oleh Quacquarelli Symons, diluncurkan sejak tahun 2004. QS World University Rangkins yakni lembaga layanan analisa internasional di sektor pendidikan. Ini adalah lembaga pemeringkatan paling populer di dunia yang membandingkan kualitas masing-masing perguruan tinggi.

Baca Juga :  Kecelakaan Maut di Utara Hotel Novotel, Pria Tanpa Identitas Tewas di Lokasi Usai Tabrak Motor dan Mobil

 

Dari pemeringkatan QS World University Rangkings kali ini menempatkan Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta menjadi universitas terbaik di Indonesia dalam QS World University Rankings 2021.

 

Jumlah universitas terbaik di Indonesia yang masuk dalam peringkat global malah berkurang. Bahkan, jumlah universitas terbaik di Indonesia dalam QS World University Rankings kalah banyak dibandingkan negara tetangga, Malaysia. UMS menjadi kampus yang masih masuk dalam pemeringkatan kali ini.

 

Sejumlah universitas terbaik di Indonesia berhasil masuk jajaran rangking dunia. Hanya saja jumlah universitas terbaik Indonesia di QS World University Rankings 2021 berkurang dibandingkan dengan QS World University Rankings 2020. (Marwantoro)