JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Kisah Dalang Perempuan Berusia 120 di Bojonegoro, Cerita Misteri Wayang Krisna, Beberapa Kali Dibuang Bisa Kembali Lagi

Sukijah, dalang perempuan berusia 120 tahun saat memegang wayang kulit berbentuk Krisna. suarabanyuurip.com
   

BOJONEGORO, JOGLOSEMARNEWS.COM Dalang perempuan bisa disebut jarang dalam dunia pewayangan. Sangat sulit untuk menemukan seorang dalang perempuan, di Bojonegoro ada seorang dalang perempuan yang usianya sekitar 100 tahun.

Dia adalah Sukijah dalang perempuan asal Desa Soko, Kecamatan Temayang, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur. Melansir suarabanyuurip.com Senin (12/10/2020) via teras.id, Usia Sukijah diperkirakan di atas 100 tahun. Salah satu anaknya menyebut usianya mencapai 120 tahun.

Di usia yang lanjut, Sukijah masih bisa menceritakan pengalamannya ketika menjadi dalang. Meski suaranya tak selantang saat masih muda. Ia menceritakan awalnya, ia menemukan wayang berbentuk Krisna. Wayang tersebut, berbahan kulit tipis namun hingga kini masih terawat.

Baca Juga :  Ini Mekanisme Pengamanan Super Ketat di MK untuk Jamin Rapat Sengketa Pilpres 2024 Tak Akan Bocor

Dia mengatakan, pernah beberapa kali membuang wayang tersebut. Namun, tanpa disadari wayang itu kembali lagi berada di rumahnya. Selain dibuang juga pernah membakar wayang itu, akan tetapi tidak mempan dan kembali lagi.

“Akhirnya, saya simpan sampai sekarang,” katanya sambil memegang wayang.

Baca Juga :  Kubu AMIN dan Ganjar-Mahfud Masih Optimistis MK Bakal Lahirkan Putusan Progresif

Supardi salah satu anak Sukijah mengatakan, sebenarnya Sukijah adalah dalang ruwatan. Biasanya, setiap ada ruwatan membawa 30 wayang yang ditancapkan di pohon pisang.

Selain itu, lanjut dia, Sukijah sering diminta untuk bermain wayang di Nganjuk. Ketika sedang bermain wayang cerita yang dibawakan bukan hanya cerita saja, namun beserta doa – doa.

“Namun, jika tidak ada acara ruwatan atau bermain wayang. Mbah Sukijah tidak bisa menceritakan,” katanya. SUARABANYUURIP.COM 

www.teras.id

 

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com