JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Minum Kopi Sebelum Sarapan Berdampak Tidak Baik pada Kontrol Gula Darah

Ilustrasi Minuman kopi. Pixabay
   

JOGLOSEMARNEWS.COM — Mengawali hari dengan secangkir kopi menjadi kebiasaan banyak orang. Bahkan diperkirakan lebih dari 64 persen orang dewasa Amerika minum setidaknya satu cangkir kopi sehari. Tetapi berdasar penelitian baru dari University of Bath di Inggris, kopi sebenarnya bisa merusak kemampuan tubuh Anda untuk mengatur kadar gula darah.

Melansir laman Mind Body Green, untuk studi ini, para peneliti ingin melihat bagaimana kurang tidur dan kopi pagi memengaruhi berbagai penanda metabolisme. Para peneliti mengumpulkan sekelompok kecil 29 pria dan wanita untuk tiga percobaan. Pada suatu malam penelitian, subjek tidur normal dan minum minuman manis di pagi hari. Pada malam lainnya, tidur mereka diganggu oleh para peneliti setiap jam selama lima menit, dan mereka, sekali lagi, meminum minuman manis saat bangun.

Dan untuk tes terakhir, peserta mengalami gangguan tidur malam, tapi kali ini, mereka minum kopi hitam kental setengah jam sebelum minuman manis. Minuman itu, dari segi kalori, tentang seberapa banyak sarapan rata-rata Anda. Selama setiap tes, para peneliti mengumpulkan sampel darah untuk memantau penanda metabolik subjek.

Baca Juga :  Cegah Microsleep dengan 5 Minuman Ini

Penelitian menunjukkan minum kopi pertama kali di pagi hari dapat berdampak negatif pada kontrol gula darah. Untungnya, hal yang sama tidak bisa dikatakan untuk satu malam yang buruk. Pada tes pertama, satu malam tidur yang buruk tidak cukup untuk memperburuk respon glukosa darah mereka setelah meminum minuman manis, tetapi ketika kopi dikonsumsi sebelumnya.

Penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa kopi dapat menyebabkan resistensi insulin, jadi data baru ini membangunnya, menunjukkan bahwa mungkin yang terbaik adalah sarapan terlebih dulu sebelum Anda menyesapnya.

Dengan meningkatnya kebutuhan untuk menangani penyakit kronis yang meluas seperti diabetes dan penyakit jantung melalui gula darah yang stabil, temuan ini menjadi signifikan. “Kami tahu bahwa hampir separuh dari kita akan bangun di pagi hari dan, sebelum melakukan hal lain, minum kopi,” kata profesor James Betts dalam rilis berita. “Secara intuitif, semakin lelah kita, semakin kuat kopinya.” Tetapi penelitian ini, dia mencatat, menyoroti bagaimana kopi memengaruhi metabolisme dan kontrol gula darah kita.

Baca Juga :  Jangan Panik Jika Vertigo Menyerang, Ini yang Harus Dilakukan

Itu tidak berarti kita harus menyerah pada secangkir teh pagi kita — Anda mungkin ingin menunda sedikit lebih lama di pagi hari. “Kami mungkin memperbaiki ini dengan makan dulu dan kemudian minum kopi nanti jika kami masih merasa perlu,” tambah Betts. Untungnya, ada banyak sarapan sehat di luar sana untuk memulai hari Anda sebelum Anda meraih cangkir Anda. Setelah Anda makan, Anda bebas untuk mulai menyeduh kopi.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com