JOGLOSEMARNEWS.COM Nasional Jogja

Muncul Kasus Positif Covid-19 di Restoran Mie Kotabaru, Walikota Yogya Minta Sosialiasi dan Patroli Digeber

Ilustrasi kenaikan covid-19. pixabay
madu borneo
madu borneo
madu borneo

YOGYAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Sejak munculnya kasus positif Covid-19 pada seorang pegawai restoran mie di Kotabaru, Gondukusuman, Walikota Yogyakarta, Haryadi Suyuti meminta untuk semakin waspada.

Kasus tersebut, menurutnya, menjadi warning untuk lebih mendisiplinkan pelaku usaha dalam penerapan protokol kesehatan.

“Kita harus giatkan pendisiplinan ya, dalam penerapan protokol kesehatan. Kuncinya itu, pokoknya dikencengin terus, sosialisasi, patroli. Bukan pada dendanya, tapi lebih menggerakkan kesadaran masyarakat, termasuk pelaku usaha,” ujarnya, Kamis (1/10/2020).

Baca Juga :  Pilkada Bantul, Pemilih Bersuhu di Atas 37,3 Disediakan Bilik Khusus

Orang nomor satu di Kota Yogyakarta tersebut mengaku sudah menginstruksikan jajarannya, supaya mempercepat proses tracing.

Sehingga, segala kemungkinan terkait risiko penularan di restoran yang lokasinya tak jauh dari Stadion Kridosono itu, dapat terdeteksi.

“Tracing harus cepat, pemilik juga harus jujur, bagaimana riwayatnya. Saya minta kerjasamanya lah, agar pihak restoran kooperatif,” terangnya.

Namun, Haryadi berharap penularan corona di resto yang lokasinya tak jauh dari Stadion Kridosono itu, tidak semakin meluas.

Baca Juga :  Rayakan 82 Tahun, Sinar Mas Wakaf 1.000 Al Quran di Gunungkidul

Menurutnya, jangan sampai fenomena Warung Soto Lamongan di Umbulharjo, yang sempat menjadi klaster penularan terulang kembali.

“Jangan sampai kejadian seperti itu lah. Makanya, usahakan jangan sampai terjadi kerumunan. Kalau kerumunannya itu terjadi di salah satu titik, yang terpenting kan sikap dari pelaku usahanya,” ungkapnya.

“Kalau dia memandang itu berisiko, khawatir terjadi seperti Soto Lamongan, ya silakan saja unit usaha hanya melayani pembelian take away,” pungkas Haryadi.

www.tribunnews.com