JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Pendidikan

Pesan Rektor Unisri ke Wisudawan: Ciptakan Lapangan Kerja

Dok Humas Unisri Surakarta
madu borneo
madu borneo
madu borneo

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta, menyelenggarakan wisuda periode II/2020 secara daring via Zoom dan channel YouTube, sabtu (17/10/2020).

Wakil Rektor Bidang Akademik, Dr. Rispantyo, MSi, melaporkan, jumlah wisudawan untuk wisuda kedua tahun 2020 berjumlah 369.

Rinciannya, sarjana (S1) 283 dari enam fakultas yang mencakup 14 Prodi, yaitu Fakultas Ekonomi, Hukum, Fisip, FKIP, Pertanian dan Tehnologi dan Industri Pangan.

Sedangkan jenjang S2 (magister) mewisuda 86 wisudawan dari Prodi Magister Manajemen (MM), Magister Ilmu Hukum (MIH) dan Magister Administrasi Publik (MAP) berjumlah 86 wisudawan. Semua lulusan telah teregister mendapat Nomor Ijazah Nasional (NIN)

Baca Juga :  Wisudawan Fakultas Ekonomi Unisri Biayai Kuliah Sambil Ngojek dan Jualan Daster

“Total wisudawan Unisri hingga saat ini 20.179 sarjana dan 2.502 magister yang tersebar di seluruh Indonesia dengan beragam profesi,” ungkapnya, sebagaimana dikutip dalam rilisnya ke Joglosemarnews.

Sementara itu Rektor Unisri, Prof. Dr. Ir. Sutardi, MAppSc, mengingatkan, wisuda bukan akhir perjuangan, tetapi justru dengan menyandang gelar akademik baru, harus mampu memposisikan diri sebagai sosok yang siap berkembang dan siap menciptakan lapangan kerja dan bukan sebagai pencari kerja.

Baca Juga :  Calon Wisudawan Unisri Ikuti Personality Excellent

“Bekal yang perlu dipersiapkan adalah membangun jiwa kewirausahaan serta memiliki kompetensi khususnya bidang komputer atau tehnologi informasi,” tandasnya.

Lebih lanjut, Sutardi, menambahkan agar wisudawan juga memiliki ketrampilan soft skill yaitu mampu membangun kerjasama, komunikasi, leadership dan kepribadian.

Di samping itu juga menguasai bahasa asing khususnya bahasa Inggris agar bisa bersaing ditingkat global, serta memiliki karakter yang baik dan berjiwa Pancasila yang mewarisi semangat juang pahlawan nasional Slamet Riyadi. suhamdani