JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

Sejarah, Upacara Hari Kesaktian Pancasila di Karanganyar Digelar Hanya Virtual. Tidak Ada Amanat, Pandemi Covid-19 Masih Jadi Kendala

Suasana upacara Hari Kesaktian Pancasila secara virtual di Karanganyar, Kamis (1/10/2020). Foto/Beni
madu borneo
madu borneo
madu borneo

KARANGANYAR, JOGLOSEMARNEWS.COM – Berbeda dengan tahun sebelumnya, acara upacara Hari Kesaktian Pancasila di Kabupaten Karanganyar diperingati secara tertutup.

Untuk kali pertama dalam sejarah, upacara hanya digelar virtual lewat video confrence atau lewat zoom karena masih situasi pandemi covid-19.

Selain itu, upacara tersebut sifatnya hanya mengikuti sentral upacara yang berlangsung di Monumen Pancasila Sakti Jakarta yang Dipimpin Presiden Jokowi.

Di Karanganyar upacara dilakukan di ruang SIC Dinas Kominfo setempat dihadiri Bupati,Wakil Bupati dan Forkompimda serta sejumlah OPD.

Baca Juga :  Makin Ganas, Kasus Positif Covid-19 Karanganyar Meroket Jadi 671 Kasus. Jumlah Warga Meninggal Probabel Hingga Positif Sudah Mencapai 125 Orang

Tidak ada amanat upacara dalam upacara tersebut melainkan hanya pembacaan Pancasila oleh Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo.

Selanjutnya, Pembacaan Undang Undang Dasar 1945 oleh Ketua DPD RI dan Upacara diakhiri dengan Pembacaan dan Penandatanganan Ikrar oleh Ketua DPR RI, Puan Maharani.

Setelah itu acara upacara selesai, peserta membubarkan diri kembali ke kantornya masing-masing. Kadinas Kominfo Karanganyar, Sujarno mengatakan kalau tahun sebelumnya upacara digelar di tempat terbuka namun karena ini pandemi covid-19 maka digelar secara virtual.

Baca Juga :  Istri Perangkat Desa Pendem Positif Terpapar Covid-19, Kantor Desa Langsung Dilockdown. Pelayanan Sementara Dialihkan Lewat Online

“Ya ini menyesuaikan situasi karena sedang masa pandemi covid-19. Sehingga harus menghindari kerumunan,” ujarnya.

Meski demikian lanjut Sujarno upacara lewat zoom tersebut. berlangsung khidmat mengikuti sentral acara upacara di Taman Pancasila Sakti Jakarta. Beni Indra