JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Hebat, Siswa SMAN 1 Sragen Ahmad Aziz Habibulloh Raih Juara 3 Lomba Video Bahasa Perancis Tingkat Provinsi Jateng. Jadi Penghargaan ke-80 Yang Diraih Selama Masa Pandemi

Ahmad Aziz Habibulloh bersama Kasek SMAN 1 Sragen, Beti Marga Sulistyawati dan gurunya. Foto/Wardoyo
Madu Borneo
Madu Borneo
Madu Borneo

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM – SMAN 1 Sragen kembali menorehkan prestasi membanggakan. Prestasi itu kembali disumbangkan oleh Ahmad Aziz Habibulloh (17).

Setelah mendulang banyak prestasi di berbagai kompetisi akademik dan nonakademik, baru-baru ini Habib, sapaan akrabnya kembali meraih prestasi di bidang kemampuan berbahasa.

Siswa kelas XI MIPA 5 SMA N 1 Sragen ini telah berhasil menyabet Juara 3 dalam Lomba Video Kreatif Bahasa Prancis Tingkat SMA/SMK/MA tahun 2020 kategori Penguasaan Pengetahuan dan Kepribadian yang diselenggarakan oleh Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Prancis Provinsi Jawa Tengah bekerjasama dengan Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Semarang (Unnes).

Prestasi itu terasa fenomenal lantaran itu adalah penghargaan ke-80 yang ia peroleh selama masa Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) karena pandemi corona.

Sebelumnya, ia sudah meraih penghargaan sebagai Juara 1 Lomba Cipta Puisi tingkat nasional dan 78 penghargaan lainnya.

Lomba Video Kreatif Berbahasa Perancis itu diselenggarakan secara online tanggal 9 Agustus – 12 September 2020. Lomba ini terbuka untuk siswa-siswi SMA/SMK/MA di Jawa Tengah.

Setelah mendapat konfirmasi pendaftaran, peserta membuat video dengan cara menyebutkan pilihan kata dan menjelaskan alasan dengan cara yang kreatif dalam bahasa Prancis.

Baca Juga :  100an Petugas KPPS di Sragen Dilaporkan Reaktif Rapid Test. Kasus Terus Melonjak, Kapasitas Isolasi di Technopark Sampai Penuh

Bukan hal yang mudah karena Habib adalah siswa jurusan MIPA, bukan dari jurusan Bahasa. Namun berkat kesungguhan, kerja kerasnya, bimbingan dari gurunya dan dukungan dari kawan-kawannya akhirnya mengantarkannya meraih penghargaan dalam lomba ini.

“Saya merasa sangat bersyukur dan bangga bisa meraih prestasi dalam lomba ini. Ini adalah hal yang baru bagi saya karena saya belum pernah mengikuti perlombaan bidang ini sebelumnya dan diikuti oleh ratusan peserta di seluruh Jawa Tengah. Harapan saya semoga ini menjadi pelajaran dan pengalaman bagi saya untuk lebih banyak belajar lagi dan bisa berprestasi lebih baik lagi di masa yang akan datang,” paparnya kepada JOGLOSEMARNEWS.COM , Senin (16/11/2020).

Habib mengaku berterimakasih kepada guru-gurunya khususnya Madam Ike Messayu selaku guru pembimbingnya.

Kemudian teman-temannya, Ibrahim dan Gamal yang dinilai sudah banyak membantunya serta kawan-kawan di sekolah dan semua pihak yang mensupport.

“Saya juga berharap semoga pencapaian ini menjadi motivasi dan semangat bagi kawan-kawan saya dimanapun berada,” pungkasnya.

Mursini, ibunda Habib merasa sangat bersyukur dan berharap semoga prestasi ini mampu memberi motivasi dan inspirasi bagi para belajar di manapun berada.

Baca Juga :  Berikut Daftar 7 Korban Tewas dan Luka Kecelakaan Maut Mobil Xenia Rombongan Asal Bandungan VS Truk di Sambungmacan Sragen. Sebagian Korban Patah Kaki dan Robek Kepala!

Ia memandang bahwa berprestasi itu tetap dapat dilakukan meski terbatas oleh waktu dan keadaan, utamanya dimasa pandemi ini.

Kepala SMA Negeri 1 Sragen, Beti Marga Sulistyawati membenarkan raihan prestasi Habib yang menyabet juara 3 Lomba Video Kreatif Bahasa Perancis se-Jateng baru-baru ini.

Ia juga mengakui Habib adalah siswa luar biasa, sangat kreatif dan punya semangat yang lebih dari yang lain.

“Kemarin anak itu mencari info lomba sendiri dan kemudian minta izin minta bimbingan guru. Kami fasilitasi dan ada guru Bahasa Perancis kami, Bu Ike yang membimbing. Senang bisa dapat juara lagi,” tuturnya.

Beti menguraikan selama ini sekolahnya memang berupaya memfasilitasi bakat dan potensi siswa. Jika ada yang ingin maju lomba dan minta bimbingan, sekolah langsung menyediakan guru untuk membimbing.

“Ini prestasi yang bagus, di saat seperti ini, ada siswa kami yang tak henti menunjukkan prestasi. Dari sekolah memang sangat mendorong, siswa yang minta pendampingan akan kita siapkan. Nanti minta fasilitas apa, akan kita layani juga,” tandasnya. Wardoyo