JOGLOSEMARNEWS.COM Nasional Jogja

Kasus Penularan Covid-19 Kembali Terjadi di Warung Makan Yogyakarta

Ilustrasi virus corona. Pixabay
   

YOGYAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM — Penularan virus corona atau Covid-19 di warung makan terjadi lagi di kota Yogyakarta. Penularan terjadi di sebuah warung nasi goreng dan berbagai masakan mi. Dengan terjadinya kasus ini warung tersebut akan ditutup hingga akhir November apabila tidak ada rentetan temuan kasus baru.

“Warung langsung ditutup pada 7 November setelah penjual terkonfirmasi positif Covid-19 dan langsung dilakukan upaya tracing terhadap kontak erat,” kata Ketua Harian Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Yogyakarta Heroe Poerwadi di Yogyakarta, Rabu (18/11/2020).

Dari hasil tracing ditemukan 16 kontak erat pedagang yaitu keluarga dan karyawan. Kemudian dilakukan uji usap dan diketahui tujuh orang terkonfirmasi positif Covid-19 serta sembilan lainnya dinyatakan negatif.

Baca Juga :  Senggol Motor Saat Mendahului, Pelajar SMP di Kulonprogo Ini Jatuh dan Dihantam Pikap Hingga Tewas

“Warung makan ini memiliki banyak pelanggan. Setiap hari ramai. Oleh karenanya, masyarakat yang merasa menjadi konsumen di warung makan ini mulai 24 Oktober sampai 7 November diminta melapor ke Puskesmas,” katanya.

Jika tidak ada perkembangan atau temuan kasus terkonfirmasi positif baru dari warung makan tersebut, warung yang terletak di Jalan Suryotomo tersebut bisa dibuka kembali akhir November.

“Kasus yang sama pernah muncul pada September yaitu di warung soto. Hanya, kontak erat dari pedagang hampir seluruhnya adalah keluarga dan karyawan yang tinggal di kompleks rumah yang sama,” jelas Heroe.

Sedangkan untuk kasus di warung mi tersebut, pedagang adalah warga Kabupaten Bantul tapi sehari-hari bekerja di Kota Yogyakarta. “Untuk karyawan, tidak tinggal di kompleks rumah yang sama,” katanya.

Baca Juga :  Seminggu, Jalan Tol Yogya-Solo Dilalui 58.000 Mobil

Berdasarkan data corona.jogjakota.go.id, pada Rabu (18/11/2020) terdapat tambahan 20 kasus terkonfirmasi positif. Sebanyak 10 pasien dinyatakan sembuh atau selesai menjalani proses isolasi mandiri. Dengan demikian, hingga saat ini terdapat 111 kasus Covid-19 aktif di Kota Yogyakarta, 510 pasien sembuh, dan 26 pasien meninggal dunia.

“Sebagian besar masih didominasi penularan dalam keluarga dengan sebagian besar pasien adalah pasien yang tidak menunjukkan gejala apa pun. Selain dirawat di shelter, ada pasien tanpa gejala yang menjalani isolasi mandiri di rumah,” terang Heroe.

www.republika.co.id

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com