JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Ribuan Relawan Kemanusian PMI Solo Siap Bantu Evakuasi Warga Jika Merapi Erupsi

Penampakan Gunung Merapi. Foto: Istimewa
   

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM PMI Solo menyiapkan relawan untuk terjun jika Gunung Merapi sewaktu-waktu meletus. Ribuan relawan kemanusiaan PMI Solo siap bantu evakuasi warga jika Merapi erupsi.

Kepala Markas PMI Solo, Agus Setyo Utomo mengatakan, status Gunung Merapi yang saat ini berada di level III (Siaga) “mewajibkan” ribuan relawan kemanusiaan yang dimiliki PMI Solo untuk stand by.

“Ribuan relawan kami selalu siap setiap saat diterjunkan dalam misi kemanusiaan. Relawan tergabung dalam berbagai komunitas, di antaranya relawan siaga bencana berbasis masyarakat (Sibat) dan korps sukarela (KSR) unit perguruan tinggi se-Solo,” paparnya, Kamis (12/11/2020).

Baca Juga :  Berita Duka, Politisi Senior PKS Quatly Abdulkadir Alkatiri Meninggal Dunia, Dimakamkan Hari Ini 

Menurut Agus, seluruh relawan kemanusiaan PMI Solo merupakan relawan terlatih.

“Bahkan relawan dari Sobat yang tersebar di Solo pernah mengikuti pelatihan bencana di Eropa. Kita siap, nanti ketika ada bencana kita WA (WhatsApp) sudah pada datang,” imbuhnya.

Baca Juga :  Teguh Prakosa, Wakil Gibran Akan Daftar Jadi Calon Walikota Solo, Yakin Partainya Melihat Figur Internal

Dikatakan Agus, relawan kemanusiaan PMI Solo siap dikirim dalam misi kemanusian jika Gunung Merapi erupsi baik sesuai perintah dari PMI Pusat maupun Jawa Tengah.

“Mereka akan berkolaborasi dengan tim dari Politeknik Akbara Solo bagian dari PMI Solo. Khususnya di tengah pandemi ini, para relawan yang akan dikirim dalam misi kemanusian bencana alam Gunung Merapi melalui penyaringan,” tukasnya. Triawati Prihatsari

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com