JOGLOSEMARNEWS.COM Nasional Jogja

SMKN 1 Girisubo Gunungkidul DIY Gelar Uji Sertifikasi Kompetensi untuk 4 Kompetensi Keahlian

Uji sertifikasi kompetensi di SMKN 1 Girisubo Gunungkidul DIY. Dok. SMKN 1 Girisubo

IMG 20201125 WA0046
Uji sertifikasi kompetensi di SMKN 1 Girisubo Gunungkidul DIY. Dok. SMKN 1 Girisubo

GUNUNGKIDUL, JOGLOSEMARNEWS.COM
SMK Negeri 1 Girisubo sebagi salah satu SMK di Kabupaten Gunungkidul DIY dipercaya Direktorat SMK melalui DIPA satuan Kerja Direktorat SMK Nomor SP. DIPA-023.18.1.690440/2020 tanggal 05 Mei 2020 untuk mendapatkan bantuan uji sertifikasi kompetensi oleh Lembaga Sertifikasi Pendidikan (LSP P1).

Melalui rilis yang diterima JOGLOSEMARNEWS.COM , Kamis (26/11/2020) uji sertifikasi kompetensi diselenggarakan untuk 101 siswa untuk di empat kompetensi keahlian. Yaitu 39 siswa kompetensi keahlian Teknik Komputer dan Jaringan, 17 siswa kompetensi keahlian Multimedia, 34 siswa kompetensi keahlian Akuntansi dan Keuangan Lembaga, serta 11 siswa kompetensi Teknik Kendaraan Ringan dan Otomotif.

Pelaksanaannya uji sertifikasi kompetensi dibagi menjadi dua tahap yaitu persiapan atau verifikasi Tempat Ujian Kompetensi (TUK) dan pelaksanaan Uji Sertifikasi Kompetensi.

Tahap persiapan/ verfikasi persiapan TUK dilaksanakan 16 sampai 20 November 2020. Sedangkan untuk pelaksanaan Uji Sertifikasi Kompetensi dimulai 23 November sampai dengan 27 November 2020. Bersinergi dengan SMK jejaring yang telah diakui sebagai LSP P1 oleh BNSP yaitu SMKN 1 Wonosari, SMKN 2 Wonosari, dan SMKN 1 Saptosari.

Baca Juga :  Tak Ada Sanksi Bagi Masyarakat DIY Yang Menolak Divaksin Covid-19, Ini Alasannya

Pelaksanaan uji kompetensi ini masing-masing dilaksanakan selama dua hari dengan materi uji level II sesuai kluster tingkatan masing-masing kompetensi keahlian. Pembukaan acara uji sertifikasi kompetensi dihadiri Susiyanti selaku kepala SMKN 1 Wonosari, para asesor sejumlah tujuh orang dan 101 siswa peserta.

Aris Sudarmawan, selaku Kepala SMKN 1 Girisubo meminta siswa selalu semangat, mampu memanfaatkan waktu yang terbatas untuk meningkatkan kwalitas penguasaan kompetensinya serta lulus dari uji.

Pihaknya berharap pelaksanaan uji sertifikasi kompetensi ini terus berlanjut setiap tahunnya baik dengan bantuan dari pemerintah maupun swadaya sekolah. Dengan begitu lulusan SMK N 1 Girisubo mempunyai daya saing yang kuat dengan siswa sekolah lain baik di tingkat regional, nasional maupun internasional.

Baca Juga :  Awas, ASN di DIY yang Tak Penuhi Target Kerja Selama WFH Sudah Diadang Sanksi

Sementara, Susiyanti berujar, uji sertifikasi kompetensi ini diharapkan mampu meningkatkan kwalitas lulusan SMKN 1 Girisubo. Agar mampu berkompetisi di dunia kerja dan bersaing dengan lulusan sekolah lain di tingkat nasional bahkan tingkat internasional.

Dia juga mengapresiasi upaya sekolah untuk terus melakukan perubahan dalam pengembangan kwalitas siswa melalui peningkatan sarana dan prasarana. Serta pembelajaran praktik sesuai dengan kompetensi keahlian masing-masing yang ada di SMKN 1 Girisubo.

Salah satu asesor uji sertifikasi kompetensi Akuntansi dan Keuangan Lembaga, Sri Sulastri, menyampaikan sebagian besar peserta uji telah mampu menguasai bidang sesuai yang diujikan. Kesulitan yang dihadapi oleh sebagian kecil siswa adalah penyelesaian soal secara runtut dan rapi. Aria