JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Semarang

912 Anggota KPPS dan Petugas Pengananan TPS Pilkada 2020 di Jawa Tengah Positif Covid-19

Ilustrasi pemungutan suara dalam pilkada serentak. pixabay
ย ย ย 

SEMARANG, JOGLOSEMARNEWS.COM — Sedikitnya 912 petugas Pemilihan Kepala Daerah(Pilkada) 2020 di Jawa Tengah dinyatakan positif Covid-19. Mereka terdiri dari anggota Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS) dan Petugas Pengamanan Tempat Pemungutan Suara.

Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Tengah Divisi Sumber Daya Manusia dan Litbang Taufiqurrahman mengatakan, jumlah tersebut merupakan angka komulatif berdasarkan tes yang dilalukan sebulan terakhir. “Pemeriksaan dimulai 9 November lalu,” ujarnya pada Minggu (6/12/2020).

Baca Juga :  Peduli Dunia Anak, Crazy Rich Joko Suranto Rogoh Kocek Pribadi Rp 1 Miliar Bangun Taman Bermain di Grobogan

Menurut dia, sebelumnya para petugas KPPS dan pengaman TPS dari 21 kabupaten dan kota di Jawa Tengah menjalani rapid tes Covid-19. Petugas berjumlah 396.693 orang tersebut dites rapid Covid-19. Mereka terdiri atas 308.539 anggota KPPS dan 88.154 pengaman TPS.

Petugas yang hasil rapid tesnya reaktif Covid-19 selanjutnya dites usap. Berdasarkan tes swab tersebut ditemukan 912 petugas positif Covid-19. “Semua dirapid kalau reaktif diswab,” kata Taufik.

Baca Juga :  Peduli Dunia Anak, Crazy Rich Joko Suranto Rogoh Kocek Pribadi Rp 1 Miliar Bangun Taman Bermain di Grobogan

Dia menyebut, petugas yang ditemukan positif Covid-19 tersebar di berbagai daerah yang bakal menggelar Pilkada 2020. Adapun daerah dengan jumlah tertinggi adalah Kabupaten Wonosobo. “Paling banyak Kabupaten Wonosobo ada 297 petugas positif Covid-19,” ungkap dia.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com