JOGLOSEMARNEWS.COM Nasional Jogja

Di Tengah Pandemi Covid-19, Sultan Minta Masyarakat Waspadai Ancaman DBD

Sri Sultan HB X
Sultan HB X / Tribunnews
ย ย ย 

YOGYAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM โ€“ Di tengah pandemi Covid-19, Gubernur DIY, Sri Sultan HB X mewaspadai juga ancaman kasus Demam Berdarah Dengue (DBD).

Selain memperketat tiap-tiap kelurahan sebagai upaya pencegahan Covid-19, Sri Sultan juga menekankan agar masyarakat menerapkan pola hidup bersih untuk memperkecil adanya kasus DBD.

“Yang penting di kelurahan itu diperketat. Kami sudah keluarkan surat pemberitahuan. Kami kembali ke awal. Karena Covid-19 ini kan kami tidak tahu,” kata Sri Sultan, di Bangsal Kepatihan, Kamis (3/12/2020).

Baca Juga :  2 Kali Gagal Bunuh Diri, Lelaki di Bantul Ini Akhirnya ย Meninggal di Upaya ke-3

Sementara untuk menangani DBD, Sultan menegaskan agar para orangtua meningkatkan kewaspadaan dan berhati-hati.

Seperti diketahui, untuk kasus DBD di Kabupaten Bantul sejak Januari hingga November 2020 mencapai 1.137 kasus, dengan empat di antaranya meninggal dunia.

Melihat data tersebut, Sri Sultan mengimbau kepada para orangtua, apabila ditemui anak sudah menyendiri dan mengeluhkan sakit untuk segera diperiksakan.

Baca Juga :  Sudah Ayam Curian Lepas, Pencuri di Bantul Ini Dibekuk dan Diamankan Polisi

Sri Sultan juga menegaskan agar pola hidup bersih menjadi kebiasaan yang terus dilakukan oleh masyarakat, salah satunya mengganti air bersih di bak mandi secara rutin.

“Karena DB itu dari nyamuk yang hidup di tempat bersih. Sekarang kalau mandi pakai air bersih di bak. Ya kalau saya dua atau tiga hari bak mandi dibersihkan diisi air yang baru. Jangan sampai itu jadi sarang,” tegasnya.

www.tribunnews.com

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com