JOGLOSEMARNEWS.COM Wisata Kuliner

Resep Sederhana Kue Jahe Cokelat, Hidangan Penutup Khas Natal

Ilustrasi kue Natal.Pixabay

JOGLOSEMARNEWS.COM — Kue Jahe coklat atau chocolate Gingerbread merupakan hidangan penutup yang bisa dihidangkan untuk Natal. Perpaduan kelezatan coklat dan kebaikan jahe, kue-kue ini menjadi makanan penutup yang sempurna untuk meredakan keinginan Anda makan gula.

Penambahan jahe tidak hanya akan menambah rasa tapi juga memberi Anda manfaat kesehatan, dari mengurangi mual hingga meredakan kram menstruasi. Gunakan jahe parut segar di dalam adonan.

Kedengarannya agak merepotkan tetapi begitu Anda mulai menggunakan jahe segar, akan sulit untuk kembali ke jahe giling biasa. Resep makanan penutup yang mudah ini cukup populer di kalangan anak-anak dan bisa dinikmati dengan secangkir kopi panas. Berbumbu sempurna, dengan sedikit cokelat dan sedikit jahe, ini adalah suguhan kue Natal terbaik.

Anda dapat memotong adonan dalam bentuk apa pun yang Anda suka dan menambahkan bahan-bahan berbeda serta benda dekorasi ke dalamnya. Seperti dilansir laman Times of India, berikut resep kue jahe cokelat.

Resep kue jahe cokelat
Bahan-bahan:
– 300 gram tepung serbaguna
– 1/2 cangkir sirup emas

Untuk Adonan
– 4 sendok makan coklat bubuk
– 8 sendok makan gula merah
– 8 sendok makan mentega potong dadu

Untuk Hidangan Utama
– 1 sendok makan jahe bubuk

Cara membuat Roti Jahe Coklat
1. Gabungkan semua bahan menjadi satu dan aduk rata tanpa ada gumpalan. Jangan tambahkan sirup emas.

2. Tambahkan sirup emas dengan lembut dan aduk untuk membentuk adonan yang halus.

3. Gulung adonan di antara 2 lembar kertas roti untuk mendapatkan lembaran adonan dengan ketebalan 1/2 hingga 1 inci. Jika adonan terasa terlalu empuk pada tahap apa pun, Anda bisa mendinginkannya selama beberapa menit sebelum melanjutkan.

4. Dengan menggunakan pemotong kue, potong menjadi bentuk yang diinginkan dan simpan di atas loyang yang dilapisi kertas roti.

5. Tempatkan loyang dalam oven yang telah dipanaskan sebelumnya bersuhu 180 derajat Celcius selama 10-15 menit atau sampai mengeras.

6. Setelah selesai, angkat dan dinginkan, dan hiasi sesuai keinginan dengan frosting, chocochip, atau taburan.

www.tempo.co