JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Internasional

Tak Hanya di Indonesia, Ini 16 Negara di Dunia yang Juga Gratiskan Vaksin Covid-19 untuk Rakyatnya

Kontainer berisi 1,2 juta vaksin Covid-19 buatan perusahaan biofarma China, Sinovac Biotech, tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Minggu (6/12/2020) malam. Foto: YouTube/Sekretariat Presiden

JOGLOSEMARNEWS.COM Pemerintah Indonesia telah mengumumkan bakal memberikan vaksin Covid-19 secara gratis kepada seluruh masyarakat. Hal tersebut seperti disampaikan langsung oleh Presiden Joko Widodo, Rabu (16/12/2020) kemarin.

Kebijakan vaksinasi Covid-19 gratis ini diambil pemerintah usai mendengarkan masukan dari masyarakat dan menghitung ulang kemampuan keuangan negara.

Presiden Jokowi pun memerintahkan kepada pemerintah daerah dan Menteri Keuangan Sri Mulyani agar menjadikan vaksinasi sebagai prioritas pada tahun anggaran 2021.

“Saya sampaikan bahwa vaksin Covid-19 untuk masyarakat adalah gratis. Sekali lagi gratis tidak dikenakan biaya sama sekali,” kata Presiden Jokowi, Rabu (16/12/2020).

“Untuk itu saya instruksikan dan saya perintahkan kepada seluruh jajaran kabinet kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah, untuk memprioritaskan program vaksinasi pada tahun anggaran 2021.”

“Saya juga menginstruksikan dan memerintahkan kepada menteri keuangan untuk memprioritaskan dan merealokasi dari anggaran lain terkait ketersediaan dan vaksinasi secara gratis ini, sehingga tidak ada alasan bagi masyarakat untuk tidak mendapatkan vaksin,” ujar presiden.

Namun Indonesia bukan satu-satunya negara yang menggratiskan vaksin Covid-19 untuk rakyatnya. Berikut negara-negara yang telah mengumumkan kebijakan serupa:

1. Jepang
Pemerintah Jepang telah meloloskan revisi UU bahkan vaksin Covid-19 akan diberikan gratis untuk rakyatnya. Jepang memesan vaksin Covid-19 buatan Pfizer.

2. Rusia
Presiden Rusia Vladimir Putin berjanji akan menggratiskan vaksin Covid-19 produksi dalam negeri, Sputnik V. Gamaleya Center menargetkan agar tahun depan mayoritas warga bisa divaksin.

Baca Juga :  Bakal Disuntikkan ke Presiden Jokowi, Apa Saja Kandungan Vaksin Covid-19 Sinovac? Ini Paparan Bio Farma dan MUI

3. Amerika Serikat
Presiden Donald Trump melalui Operation Warp Speed berkata bahwa vaksin Covid-19 akan gratis di AS. Selain vaksin Pfizer, Trump juga memesan vaksin buatan Moderna dan Johnson & Johnson.

4. Arab Saudi
Kerajaan Arab Saudi berkomitmen menggratiskan vaksin Covid-19 bagi seluruh warganya. Pendaftaran vaksinasi gratis bahkan sudah dibuka dan otoritas Saudi telah memberi izin untuk penggunaan vaksin buatan Pfizer.

5. Belgia
Pemerintah Belgia berjanji bakal memberikan vaksin Covid-19 secara gratis kepada warganya. Vaksin Pfizer rencananya akan siap pada Januari 2021.

6. Bahrain
Pemerintah Bahrain telah meloloskan uji klinis pada Pfizer dan Sinovac, serta akan memberikan vaksin Covid-19 tersebut secara gratis bagi seluruh warganya.

7. Singapura
Singapura menggratiskan vaksin Covid-19 bagi warganya agar seluruh masyarakat bersedia mengikuti vaksinasi. Tak hanya warga negara, vaksin gratis juga akan diberikan kepada long-term resident. Vaksin yang dipesan Singapura adalah Pfizer, Moderna, Sinovac, serta ada vaksin buatan lokal.

8. Prancis
Pemerintah Prancis berkata semua warga yang berada di sistem jaminan sosial akan mendapat vaksin secara gratis. Prancis merupakan bagian dari Uni Eropa yang bekerja sama dengan Pfizer, Moderna, dan AstraZeneca.

Baca Juga :  Nasib Donald Trump, Sudah Dimakzulkan, Medsos Diblokir, Putus Hubungan dengan Beberapa Perusahaan

9. Bangladesh
Pemerintah Bangladesh dikabarkan telah memesan vaksin Covid-19 dari AstraZeneca dan akan memberikan vaksinasi secara gratis kepada rakyatnya. Targetnya yakni 30 juta rakyat akan divaksin.

10. Kamboja
Pemerintah Kamboja telah memesan vaksin Covid-19 dari COVAX. Pemerintah setempat berkata tidak mau vaksin yang belum mendapat persetujuan dari Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO.

11. Malaysia
Pemerintah Negeri Jiran, Malaysia, telah berjanji untuk memberikan vaksin Covid-19 secara gratis bagi warga Malaysia, kecuali orang asing. Malaysia memesan vaksin Pfizer.

12. Maroko
Raja Maroko telah memerintahkan agar vaksinasi Covid-19 dilaksanakan secara gratis. Vaksin yang dilirik Maroko adalah AstraZeneca dan Sinopharm

13. Kanada
Pemerintah Kanada memiliki pasokan vaksin Covid-19 yang banyak. People’s Vaccine Alliance bahkan menuding Kanada menumpuk hingga bisa melakukan vaksinasi hingga lima kali. Kanada memesan vaksin Pfizer.

14. Inggris
Inggris adalah negara pertama di dunia yang menggelar vaksinasi Covid-19 bagi masyarakat dengan vaksin buatan Pfizer. Namun, Inggris juga mengembangkan vaksin Oxford-AstraZeneca.

15. Australia
Australia menggratiskan vaksin secara federal. Vaksin yang dipesan di antaranya yakni Oxford-AstraZeneca, Novavax, Pfizer-BioNTech, dan COVAX Facility.

16. Mesir
Rakyat Mesir akan disediakan vaksin Covid-19 buatan Sinopharm secara gratis. Mesir juga memesan vaksin dari COVAX. Liputan 6