JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Tidak Dibayar, Pembangunan Rumah Joko Lelur Anggota DPRD Wonogiri Dikerjakan Ratusan Warga Ngadirojo Secara Sukarela, Disebut Sebagai Bentuk Terimakasih Masyarakat Kepada Pak Dewan Selama ini

Tangkapan layar video warga bergotong royong membangun rumah Joko Lelur. Foto : istimewa

Joko Lelur
Tangkapan layar video warga bergotong royong membangun rumah Joko Lelur. Foto : istimewa

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM — Pembangunan rumah anggota DPRD Wonogiri AS Joko Prayitno alias Joko Lelur memunculkan fenomena menarik.

Ternyata pembangunan rumah itu dikerjakan secara sukarela oleh warga Kecamatan Ngadirojo, Wonogiri. Mereka tidak dibayar lantaran menganggap ikut membangun rumah itu merupakan bentuk terimakasih atas perjuangan anggota dewan tersebut selama ini.

Ratusan warga Kecamatan Ngadirojo beramai-ramai membangun rumah milik anggota DPRD Wonogiri AS Joko Prayitno alias Joko Lelur di Dusun Manggis Desa Ngadirojo Kidul.

Wisnu Tri, Senin (14/12/2020), mengatakan, ratusan warga itu tidak dibayar sepeserpun. Ini karena bentuk kesadaran warga yang merupakan perwakilan dari sembilan desa dan dua kelurahan yang ada di Kecamatan Ngadirojo. Sekitar 200 ratusan datang membantu tenaga dalam pembangunan rumah tokoh politik tersebut cuma-cuma alias gratis. Dia menyebut kegiatan itu merupakan bentuk gotong royong.

“Kalau tidak direm, warga yang datang ikut kerja bakti ini pasti lebih banyak lagi,” beber dia.

Dia mengaku ikut dalam rombongan itu tanpa ada perintah ataupun paksaan. Sebab, nama Joko Lelur di mata masyarakat Ngadirojo sudah melekat dan merakyat. Terlebih lagi Joko Lelur, sudah 20 tahun mengabdi sebagai wakil rakyat serta menjadi corongnya masyarakat Ngadirojo.

Baca Juga :  Resmi ini, Penutupan Tempat Wisata di Wonogiri Diperpanjang Sampai Tanggal ini, Kalau Mau Plesir Harus Ditunda Dulu Slur

“Tidak ada yang memberi intstruksi, apalagi yang bersangkutan minta bantuan, sama sekali tidak ada. Ya, kalau boleh dibilang ini adalah bentuk kecintaan warga dan sekaligus sebagi bentuk ungkapan terimakasih atas segela perjuangannya untuk masyarakat Ngadirojo,” jelas dia.

Senada diutarakan Pranoto, warga Dusun Logung Desa Kerjo Lor. Di mata masyarakat Ngadirojo sosok Joko Lelur tak hanya merupakan tokoh politik. Masyarakat sudah menganggapnya sebagai tokoh yang menginspirasi. Sehingga, begitu ada kabar yang dishare melalui grup WA dengan sendirinya kesadaran masyarakat tergerak.

Dari pantauan media ini, lebih dari 200 warga bergotong royong membangun cor dak rumah. Bangunan yang dikerjakan itu berukuran 6×12 meter terletak berjajar disamping sisi barat rumah utama. Pekerjaan itu dimulai sejak pukul 08.00 WIB, pengecoran dak rumah itu selesai tepat pukul 12.00 WIB.

Baca Juga :  Arus Balik Lebaran 2021, Petugas Gabungan Perketat Perbatasan Ponorogo-Wonogiri di Desa Biting Kecamatan Purwantoro

Terpisah, AS Joko Prayitno mengatakan, gotong royong tersebut merupakan inisiatif masyarakat sendiri. Rumah yang dibangun itu berukuran 6×12 meter. Sebenarnya pihaknya juga sudah menyediakan makanan dan minuman, tapi tetap saja ada masyarakat yang datang membawa sendiri.

Ketua Komisi IV DPRD Wonogiri ini menyebut, sejak pembuatan pondasi rumah, hingga bangunan berdiri, sudah banyak warga yang datang membantu pengerjaannya. Menurut rencananya, rumah tersebut ketika sudah rampung nantinya bakal dipergunakan sebagai kamar pribadi anak-anaknya.

“Batako itu dari Klaten, donatur. Saya, hanya menyiapkan besi sebanyak 200 batang,” tuturnya.

Sebenarnya, imbuh Joko Lelur, dalam pembangunan rumah itu, sudah ada pekerjanya atau tukangnya. Namun begitu, ia tak dapat melarang para warga yang datang dan membantu pembangunan itu. Pihaknya juga mengucapkan terima kasih sebanyak-banyaknya atas kepedulian masyarakat Ngadirojo selama ini. Aria