JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Bagaimana Penerapan PSBB di Jateng Termasuk Wonogiri, Benarkah Pakai Operasi Yustisi? Begini Jawaban Kapolda Jateng Irjen Ahmad Luthfi dan Bupati Joko Sutopo Alias Jekek

Kapolda Jateng Irjen pol Ahmad Luthfi (kanan) menanam pohon di komplek apartemen Sanika Satyawada Mapolres Wonogiri. Dok. Polres Wonogiri
   
Kapolda Jateng Irjen pol Ahmad Luthfi (kanan) menanam pohon di komplek apartemen Sanika Satyawada Mapolres Wonogiri. Dok. Polres Wonogiri

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM — Sejumlah pihak di Jateng tengah mematangkan persiapan menghadapi penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Tidak hanya pemerintah daerah, persiapan juga dilaksanakan kepolisian.

Persiapan kepolisian disampaikan Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Luthfi. Dia mengatakan akan menggunakan operasi yustisi saat diberlakukan PSBB. Kepolisian juga akan bersinergi dengan pemerintah daerah agar pelaksanaan PSBB bisa berjalan lancar.

“Kita akan menggunakan operasi yustisi,” ungkap Kapolda usai meresmikan apartemen Sanika Satyawada dan masjid Al Ma’ruf di Komplek Mapolres Wonogiri, Kamis (7/1/2021).

Menurut dia, operasi yustisi digelar di tiap-tiap Polres yang berada di 35 kabupaten/kota. Dalam pelaksanaannya di lapangan, akan diperkuat adanya regulasi di antaranya Pergub, Perbup, dan Perwali.

Baca Juga :  Pembunuhan Setren Slogohimo Wonogiri, Tersangka Terancam Hukuman 15 Tahun Penjara

Dalam pelaksanaan operasi yustisi, tiap-tiap Polres sudah ada dan terbentuk UKL. Di dalam UKL ini, berisi petugas gabungan dari TNI, Polri, Satpol PP dan Dinas Kesehatan serta BPBD.

“Itu yang menjadi senjata dalam mendidik masyarakat untuk tertib menerapkan 3M. Dengan demikian harapan kita dalam membantu Satgas Covid-19 di lapangan dalam memutus mata rantai klaster persebaran virus Corona,” kata Kapolres.

Sementara, Bupati Wonogiri Joko Sutopo menyatakan akan melakukan koordinasi terlebih dahulu dengan Kepala Satgas atau Kepala Daerah se eks Karesidenan Surakarta. Menurut Bupati, hal demikian dilakukan untuk menyamakan persepsi terkait PSBB.

Baca Juga :  Setyo Sukarno Bakal Daftar Cabup Wonogiri Lewat PDI Perjuangan

“Kalau Pemkab Wonogiri sudah mengambil kebijakan menutup tempat wisata dan tidak mengijinkan adanya hajatan. Saat ini Wonogiri berstatus zona oranye, segala kemungkinan masih bisa terjadi,” tandas Bupati.

Untuk diketahui, rencana pemerintah pusat untuk penerapan PSBB di Jawa dan Bali akan dilakukan mulai 11 Januari hingga 25 Januari 2021. Khusus Jateng penerapan PSBB akan dilakukan di sejumlah wilayah. Di antaranya Semarang Raya, Banyumas Raya dan eks Karesidenan Surakarta. Aria

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com