JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah

Beredar Kabar Kasdim 0817 Gresik Meninggal Usai Disuntik Vaksin Covid-19 Padahal Masih Sehat Walafiat, Polisi Kini Buru Pelaku Penyebar Hoaks

Ilustrasi vaksinasi. Foto: Pexels.com

GRESIK, JOGLOSEMARNEWS.COM Kepolisian Resor Gresik kini tengah memburu pelaku yang telah menyebarkan berita hoaks tentang meninggalnya Komando Distrik Militer (Kasdim) 0817 Gresik Mayor Sugeng Riyadi usai disuntik vaksin Covid-19.

Disampaikan Kapolres Gresik, AKBP Arief Fitrianto, pihaknya telah berkoordinasi dengan Kodim 0817 terkait informasi hoaks tersebut dan memastikan bahwa berita yang disebar adalah tidak benar.

“Dari koordinasi, kami pastikan itu adalah tidak benar. Informasi itu tidak bertanggungjawab, dan telah beredar luas sejak Minggu (17/1/2021) malam di sejumlah media sosial,” kata Arief seperti dikutip Liputan6.com dari Antara.

Pesan berisi berita hoaks tersebut beredar melalui aplikasi perpesanan WhatsApp dan sempat diterima sejumlah pejabat di Kabupaten Gresik.

Baca Juga :  Teganya, Bayi Cantik Baru Lahir Dibuang di Masjid Al Amin. Diduga Baru Semalam Dilahirkan

“Saat ini Satreskrim sedang melakukan penelusuran untuk mengungkap siapa yang pertama kali menyebarkan informasi hoaks tersebut,” jelas Arief.

Sementara itu, berdasarkan keterangan resmi, Kasdim Mayor Inf Sugeng Riyadi diakui melaksanakan vaksin Sinovac di RSUD Ibnu Sina, namun saat ini dalam keadaan sehat walafiat.

Sedangkan dalam informasi hoaks yang tersebar, Kasdim Mayor Inf Sugeng Riyadi diinfokan meninggal dunia setelah melakukan vaksinasi tersebut, dan beredar melalui aplikasi pesan secara berantai.

Begini narasi pesan hoaks tersebut:

“Inalillahi wainalillahi roziun. Vaksin pertama, Kasdim 0817 Gresik, Mayor Sugeng Riyadi tadi malam Dan ramil kebumas gresik meninggal akibat siangnya disuntik vaksin… pagi ini proses pemakaman… hati2 bahaya vaksin ini nyata.”

Pesan tersebut beredar dengan disertai foto pria berseragam TNI yang dilingkari biru, dengan keterangan bahwa pria itu adalah Kasdim 0817/Gresik Mayor Inf Sugeng Riyadi.

Baca Juga :  Takut Disuntik Vaksin Covid-19 Gara-gara Baca Informasi Hoaks, Warga Satu Dusun Pilih Kabur dan Sembunyi di Hutan

Foto tersebut pada faktanya merupakan foto dari Almarhum Mayor Kav Gatot Supriyono, Danramil Kobomas Kodim 0817 Gresik yang meninggal dunia pada Jumat tanggal 15 Januari 2021 pukul 23.06 WIB, diduga terkena serangan jantung. Almarhum Gatot Supriyono belum mendapat suntikan vaksin Covid-19 Sinovac. Liputan 6