JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Lokasi untuk Rumah Sakit Darurat Covid-19 di Benteng Vasternberg Solo Jadi Sarang Ular. Saat Bersih-bersih Ditemukan Belasan Ekor

Belasan ekor ular yang berhasil ditangkap di area calon lokasi rumah sakit lapangan darurat Covid-19 di Benteng Vasternberg, Gladag, Solo, Kamis (14/1/2021). Foto: JSNews/Ronald

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Pembersihan lokasi di Benteng Vastenberg Solo yang akan dijadikan Rumah Sakit Lapangan (Rumkitlap) atau Rumah Sakit Darurat Covid-19, Kamis (14/1/2021) dikejutkan dengan penemuan ular di lokasi tersebut.

Tak tanggung-tanggung, ada 13 ular ditemukan dalam pembersihan yang dilakukan tim gabungan baik TNI-Polri serta menggandeng Komunitas Exalos yang biasa menangani ular.

Ular kayu sebanyak 12 ekor berukuran satu hingga dua meter. Sementara seekor lainnya berjenis kobra berukuran kecil.

Pembina Exalos, Janu Wahyu Widodo menjelaskan, belasan ular itu ditemukan saat pembersihan semak belukar di kawasan benteng.

“Kita temukan di dalam benteng di semak-semak yang dibersihkan bapak-bapak tentara. Pada saat dibersihkan ular itu ada yang di batu, kayu dan sebagainya,” ungkap Janu.

Baca Juga :  Gencarkan Layanan Plasma Konvalesen, PMI Solo Gandeng Stakeholder

“Lingkungan di situ memang banyak semak belukar dan dibersihkan oleh jajaran TNI dari Korem 074/Warastrtama Surakarta. Kami Exalos berperan mengawasi apabila ada bahaya ular,” tambah dia.

ular ditangkap1
Sejumlah pawang ular dari Exalos sedang mengamankan belasan ular yang ditangkap.

 

Dia memaparkan, penemuan itu diawali dengan munculnya sembilan ekor ular kayu dan kobra kecil satu. Kemudian setelah ditutup, kembali ditemukan tambahan tiga ular kayu.

Menurut Janu, lokasi itu merupakan habitat ular yakni berada di semak belukar. Menurutnya, tak menutup kemungkinan masih muncul ular lainnya.

Baca Juga :  Covid-19 di Solo Makin Menjadi, Dalam Sehari Tambah 300 Kasus Baru

“Ular kita amankan sehngga tidak tebrunuh dan nanti akan lepas liarkan. Yang pasti lokasi itu harus sering-sering diibersihkan agar tidak ada gangguan ular,” paparnya.

Sementara itu, Komandan Korem 074 Warastratama Kolonel (Inf) Rano Tilaar mengatakan, benar lokasi rumah sakit tersebut akan digunakan untuk Rumkitlap.

Saat pembersihan ini, melibatkan pawang ular dan anggota TNI. Ada belasan ular yang ditangkap saat melakukan pembersihan itu, saat ini sudah ditangani oleh pawang. “Pembersihan kita lakukan hari ini,” papar dia. Nanti akan menampung Pasien Positif Covid-19,” jelas dia,” tegasnya.(Prabowo)