JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Pecah Rekor!Kasus Baru Positif COVID-19 di Wonogiri Tambah 207 Buah Hanya Dalam Waktu Sehari, ini Perinciannya

Bupati Joko Sutopo. JSnews. Aris Arianto
   
Bupati Joko Sutopo. JSnews. Aris Arianto

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Penambahan kasus baru positif COVID-19 di Wonogiri pada Senin (18/1) memecahkan rekor selama pandemi.

Pasalnya hanya dalam satu hari, itu terjadi penambahan kasus baru sebanyak 207 buah. Sebelumnya belum pernah terjadi penambahan kasus baru sebanyak itu.

Bupati Wonogiri Joko Sutopo mengungkapkan hal tersebut, Selasa (19/1/2021). Dia membeberkan penambahan kasus baru sebanyak 207 merupakan yang terbanyak selama ini.

Dia merinci kasus baru itu didominasi oleh klaster perjalanan. Meliputi 107 orang dari klaster perjalanan, 48 orang dari ibu hamil, 17 orang dari tenaga medis, 19 orang dari klaster karyawan pabrik. Selanjutnya ada 49 orang masyarakat umum yang mempunyai penyakit penyerta alias komorbid.

“Sebagian besar orang yang terpapar berstatus sebagai OTG,” jelas dia.

Baca Juga :  Keren, Hari Pertama Masuk Sekolah Usai Libur Lebaran 2024 Langsung Gelar PSN

Terkait klaster di salah satu pabrik di Wonogiri, pihaknya telah berkoordinasi dengan pihak manajemen perusahaan. Segela prosedur protokol kesehatan harus segera dilakukan. Karyawan yang terpapar sudah dianjurkan untuk diliburkan dan menjalani isolasi mandiri di rumah.

“Kami belum menganjurkan untuk menutup sementara perusahaan. Upaya tracing masih kami lakukan. Namun yang jelas prosedur penanganan di pabrik itu harus sesuai SOP,” tegas dia.

Mengenai banyaknya ibu hamil yang terkonfirmasi positif COVID-19 karena ada beberapa prosedur medis yang harus dilalui sebelum melakukan persalinan. Salah satunya tes swab saat memasuki usia kehamilan tri semester ketiga.

Sayang, dia belum bisa memberikan informasi secara spesifik di bangsal apa yang menjadi klaster tenaga kesehatan di RSUD Wonogiri.

Jekek mengatakan, meski fasilitas kesehatan di Wonogiri minim, hingga saat ini pihaknya masih bisa menangani pasien dengan baik. Di sisi lain, pihaknya juga telah bekoordinasi dengan rumah sakit swasta untuk menjadikan tempat isolasi.

Baca Juga :  Menjaga Kebiasaan Pola Makan Teratur Setelah Ramadhan, Tetap Sehat dan Bugar

Menurut Jekek, tidak semua pasien yang terpapar dirawat di rumah sakit yang ada di Wonogiri. Pada kualifikasi tertentu, jika mengalami gejala yang cukup berat dibawa ke rumah sakit rujukan lini satu.

“Kesiapan tempat isolasi atau penyediaan ruang perawatan terus kami siapkan. Dengan adanya peningkatan yang mengkhawatirkan ini, kami segera mengambil langkah antisipasi,” kata dia.

Hingga kini secara kumulatif kasus positif Covid-19 di Wonogiri menembus 2.192 kasus. Dengan rincian, 275 orang dirawat di rumah sakit dan 123 orang menjalani isolasi mandiri. Pasien sembuh mencapai 1.715 orang dan pasien meninggal tercatat ada 79 orang. Aria

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com