JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Solo akan Mulai Vaksinasi Covid-19 Tahap I Besok Pukul 9.00 WIB

Presiden Joko Widodo menjalani proses penyuntikan vaksin Covid-19 di Istana Merdeka, Rabu (13/1/2021). Foto: YouTube/Sekretariat Presiden

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM — Vaksinasi covid-19 di Kota Solo tahap pertama akan dilaksanakan Kamis (14/1/2021) besok. Sebanyak 10.609 dosis vaksin sinovac telah tiba di Solo, Selasa (12/1/2021) malam.

Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo, Soto Wahyuningsih mengatakan, Kota Solo merupakan salah satu dari tiga kabupaten/kota di Jawa Tengah yang menerima vaksin terlebih dulu.

“Vaksinasi tahap pertama kita terapkan untuk tenaga kesehatan (nakes). Registrasi dari nakes dan pendukung nakes yang akan mendapatkan vaksin terus dilakukan sampai besok,” paparnya, Rabu (13/1/2021).

Sebanyak 33 fasilitas kesehatan (faskes) di Solo disiapkan untuk vaksinasi besok dan vaksin dipastikan didistribusikan ke masing-masing faskes tersebut hari ini (Rabu-red). Ke 33 faskes tersebut terdiri dari 17 Puskesmas di Solo, satu Klinik Bhayangkara dan 14 RS di Solo.

Baca Juga :  Resmi Ditetapkan Walikota Solo, Gibran Sudah Siapkan Program 100 Hari Kerja

Siti yang akrab disapa Ning mengatakan, secara road map vaksinasi covid-19 akan dilakukan dalam empat tahap mulai Januari 2021 hingga Maret 2022.

“Tahap pertama untuk nakes dan pendukungnya. Tahap berikutnya untuk unsur pelayanan publik termasuk TNI Polri, petugas publik dan direncanakan juga untuk lansia. Selanjutnya untuk kelompok beresiko,” imbuhnya.

Sementara itu, 10 tokoh Solo akan turut dalam vaksinasi tahap 1 besok diantaranya Sekda Solo, Ketua DPRD Solo, Danrem 074/Waratratama Solo, Wakapolresta Solo, Ketua IDI Solp, Ketua PDGI Solo, Ketua IAI Solo, Ketua PPNI Solo, Kajari Solo dan Wakil dari IBI Solo.

Baca Juga :  Milad ke-2, Dirut RSGM Soelastri UMS Ingin Semakin Berkontribusi Untuk Indonesia

Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo menambahkan, total.nakes yang akan mendapatkan vaksin sinovic di Solo sebanyak 10.620 orang. Sedangkan jumlah dosis vaksin yang diterima 10.609 dosis.

“Tugas saya untuk segera mendapatkan kekurangan itu agar segera selesai untuk kebutuhan vaksin nakes. Sebanyak 11 dosis lagi, supaya bisa segera melangkah ke yang lain,” terangnya. Prihatsari