JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Fenomena Unik Pilkawe di Jetak Sragen. Saat Kandidat-kandidat Bergelar Sarjana Tumbang di Tangan Seorang Tukang Luku

Para kandidat Ketua RW di Jetak Kalang, Jetak, Sidoharjo, Sragen. Foto/Wardoyo

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Pemilihan Ketua Rukun Warga (RW) atau Pilkawe di RW 2 Dukuh Jetak Kalang, Desa Jetak, Kecamatan Sidoharjo, Sragen memunculkan fenomena menarik.

Selain proses pemilihan yang digelar secata demokratis, Ketua RW yang terpilih pun juga memunculkan fenomena baru. Di mana tokoh dengan gelar sarjana ternyata bisa kalah oleh sosok tukang luku (operator traktor).

Data yang dihimpun JOGLOSEMARNEWS.COM , proses pemilihan Ketua RW itu digelar Selasa (16/2/2021) malam pukul 19.00 WIB hingga pukul 01.00 WIB.

Pemilihan digelar dengan konsep pemilihan langsung layaknya pesta demokrasi pada umumnya. Pemilihan digelar di rumah Kasimin, salah satu tokoh di dukuh setempat.

Pemilihan digelar untuk memilih Ketua RW 2 yang akan mengemban misi menjadi sesepuh di beberapa lingkungan RT di wilayah itu.

Baca Juga :  Duh Gawat, 1.600 Bidang Tanah Pemkab dan 1.700 Bidang Jalan Tol di Sragen Belum Bersertifikat. Kepala BPN Klaim PTSL Hanya Tinggal 2 %!

Menurut salah satu pengurus, FX Sugiyanto pemilihan diawali dengan penentuan calon Ketua RW. Calon ditentukan lewat usulan dari perwakilan RT.

“Setiap RT mewakilkan 7 orang wakil ditambah 2 orang dari unsur karang taruna yakni ketua karang taruna dan sekretaris. Pemilihan dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan ketat. Yang hadir ada 23 orang perwakilan dan pemilihan dimulai pukul 19.00 WIB sampai jam 01.00 WIB,” paparnya, Kamis (18/2/2021).

IMG 20210217 WA0003
Perolehan suara. Foto/ Wardoyo

Ia menguraikan penentuan dilakukan lewat pemilihan langsung tertutup. Dua puluh tiga pemilih itu adalah pengurus RT yang ada di wilayah RW.

Dari hasil usulan, kemudian muncul tiga kandidat Ketua RW yang akan dipilih. Mereka masing-masing Suripto Luku alias tukang traktor, Supomo SPD MPD dan Syamsul Effendi SH. Dua nama terakhir notabene merupakan tokoh dan bergelar sarjana.

Baca Juga :  Detik-Detik Kronologi Pembajak Sawah Asal Tangen Sragen Mendadak Lemas Lalu Mengejang dan Tewas di Sawah. Ternyata Sempat Mengeluh Lalu Minta Dikerokin

Ketiga calon juga diundi untuk menentukan nomor urut. Supomo yang merupakan kepala sekolah mendapat nomor urut 1, Suripto 2 dan Syamsul Effendi 3.

Namun siapa sangka, usai pemilihan dilangsungkan, hasilnya di luar dugaan. Suripto Luku secara mengejutkan malah banyak diminati dan meraih 14 suara.

Sedangkan Supomo meraih 8 suara dan Syamsul Effendi tak mendapat suara.

“Hasil akhir perolehan suara, Pak Suripto Luku yang terpilih jadi Ketua RW 2 dengan mendapat 14 suara. Ya beliau memang hanya seorang operator traktor atau tukang luku,” papar Sugiyanto. Wardoyo