JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Puluhan Rumah Rusak Diterjang Angin Kencang di Kecamatan Jatisrono Jatiroto Ngadirojo Sidoharjo dan Wonogiri, Total Kerugian Masih Dalam Proses Penghitungan

Kerja bakti pasca bencana angin kencang di Wonogiri tengah, Rabu (3/2/2021). Dok. BPBD Wonogiri
   
Kerja bakti pasca bencana angin kencang di Wonogiri tengah, Rabu (3/2/2021). Dok. BPBD Wonogiri

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Bencana angin kencang kembali melanda Kabupaten Wonogiri. Kali ini menimpa sejumlah kecamatan di bagian tengah, Rabu (3/2/2021).

Informasi yang dihimpun dari BPBD Wonogiri, waktu kejadian sekitar pukul 14.25 WIB hingga pukul 15.30 WIB. Lokasi kejadian di wilayah Kecamatan Jatisrono, Jatiroto, Ngadirojo, Sidoharjo, dan Kecamatan Wonogiri.

“Telah turun hujan dengan intensitas sedang hingga lebat dengan durasi lebih dari satu jam disertai angin kencang,” ungkap Kepala Pelaksana BPBD Wonogiri, Bambang Haryanto.

Dampak kejadian dari laporan data awal sementara di Kecamatan Jatisrono tepatnya Desa Rejosari Dusun Kambu RT 5 RW 2 , rumah terdampak sebanyak :
15 unit dengan tingkat kerusakan tujuh rusak berat tiga rusak sedang dan lima rusak ringan. Kerusakan bagian atap disebabkan pohon tumbang dan atap bangunan rumah tersapu angin. Beberapa pohon tumbang menimpa rumah, menimpa jaringan listrik dan melintang jalan.

Baca Juga :  Dugaan Pembunuhan Setren Slogohimo Wonogiri, 1 Orang Pemilik Pekarangan Diamankan

Untuk Kecamatan Jatiroto, di Desa Pengkol angin kencang mengakibatkan satu tiang PLN roboh tertimpa pohon tumbang, empat rumah mengalami kerusakan ringan hingga sedang akibat atap bangunan tersapu angin atau tertimpa pohon. Hal sama terjadi di Desa Pingkuk.

Kecamatan Sidoharjo, di Desa Sempukerep lokasi di Dusun Sengir dan Dusun Sempon, lima rumah tertimpa pohon tumbang, 11 atap rumah tersapu angin dengan tingkat kerusakan ringan hingga sedang. Beberapa pohon tumbang menimpa rumah, menimpa jaringan listrik dan melintang jalan

Kecamatan Ngadirojo terdata pohon tumbang melintang di jalan raya Ngadirojo-Baturetno tepatnya selatan SMPN 1 Ngadirojo. Sedangkan di Desa Kebonagung Kecamatan Sidoharjo, dua rumah rusak tertimpa pohon tumbang.

Baca Juga :  Semarak Semangat Kartini Wonogiri Padukan Kreativitas dan Kemerdekaan Belajar

Sementara di Kecamatan Wonogiri di Desa Sendang Dusun Cakaran beberapa pohon tumbang melintang jalan raya. Desa Manjung Dusun Kendil pohon tumbang menimpa jaringan listrik

“Tidak ada korban baik meninggal maupun luka,” jelas dia.

Upaya penanganan pemulihan sementara telah dilakukan oleh warga dibantu relawan serta personil TNI Polri. Untuk pohon tumbang melintang jalan sudah dilakukan penanganan. Pemulihan lanjutan akan dilaksanakan besok pagi mengingat kondisi di lokasi masih terjadi hujan. Taksir kerugian dan pendataan lanjutan yang terdampak masih dalam proses perhitungan dan kajian tim. Aria

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com