JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Pendidikan

SDIT Nur Hidayah Surakarta Gelar Webinar Tips PPJ Tetap Sehat dan Ramah Anak

Dok SDIT Nur Hidayah Surakarta
   

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Melalui ruang virtual, zoommeeting dan youtube, SDIT Nur Hidayah Surakarta menggelar kegiatan Webinar Parenting dan Kesehatan, Sabtu (6/2/2021).

Kegiatan bertajuk Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Sehat dan Ramah Anak itu menghadirkan dua pembicara sekaligus.

Pembicara pertama, Budhi Lestari, S.Psi, Psikolog, owner Biro Psilologi OBSESI dan pembicara kedua dr. Hari Wahyu Nugroho, Sp. A, M.Kes., dokter spesialis anak di Kota Solo.

Webinar diikuti seluruh orang tua wali murid kelas 1-6 beserta guru dan karyawan.

Diawali dengan menampilkan video kegiatan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), dilanjutkan dengan pembukaan, tilawah Al-Qur’an, menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya, sambutan Kepala Sekolah, dan acara inti webinar.

Dalam sambutannya, Kepala SDIT Nur Hidayah Surakarta, Waskito, S.Pd., menuturkan, webinar itu menjadi salah satu bentuk silaturrahim dan belajar bersama orang tua murid dan guru karyawan di masa pandemi.

“Di kala kita berusaha keras menerapkan protokol kesehatan dengan menjaga jarak, menghindari kerumunan, maka webinar melalui ruang virtual menjadi pilihan. Mengokohkan sinergi orang tua dan guru, kerja sama rumah dan sekolah, di masa pandemi,” ujarnya, sebagaimana dikutip dalam rilisnya ke Joglosemarnews.

Ia mengatakan, pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), baik sinkron maupun asinkron merupakan layanan pendidikan yang dihadirkan SDIT Nur Hidayah di masa pandemi ini.

Baca Juga :  SMKN 2 Ponorogo Salurkan 3,2 Ton Zakat Fitrah

Melalui majelis pagi, guru menyapa para siswa melalui zoom meeting. Ada tilawah atau hafalan Al-Qur’an bersama, ada nasihat taushiyah dari guru, ada menghafal dan memahami hadist/doa harian.

Melalui pembelajaran sinkron, siswa belajar bersama di ruang zoommeeting dipandu guru dengan slide yang telah disiapkan.

Sedangkan melalui pembelajaran asinkron, siswa diajak untuk belajar konten-konten pembelajaran yang telah dibuat guru dan diunggah melalui googledrive maupun di googleclassroom.

“Kita berharap agar PJJ tetap sehat dan ramah anak,” lanjutnya.

Dokter Hari Wahyu Nugroho, dalam pemaparan materi menyampaikan, berdasarkan penelitian, screen time (menonton televisi, gadget) menyebabkan gangguan tidur, berisiko overweigh atau obesitas, berisiko depresi, mengganggu mood anak, mengganggu quality time dengan keluarga, mengganggu tugas-tugas sekolah.

“Namun demikian, screen time memiliki dampak positifnya. Pengetahuan lebih luas, hiburan yang menyenangkan, pertemanan menjadi lebih luas,” ujarnya.

Karena itu, ia berharap orang tua memiliki tips untuk menghadapi anak dalam kondisi pandemi seperti ini.  Beberapa tips yang disarankan adalah pertama, buat kesepakatan, patuhi setiap saat.

Baca Juga :  UMS Launching SDGs Center

Kedua, waspada terhadap konten, dengan tetap menghargai, ketiga, memberi contoh kegiatan olahraga, bersih bersih rumah dan lain-lain.

Keempat, meningkatkan interaksi dengan anak, kelima mengontrol pola makan anak dan keenam  menjaga kualitas tidur anak.

“Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) menilai pembelajaran jarak jauh (PJJ) merupakan pilihan yang tepat di masa pandemi ini,” beber  dr Hari.

Sementara itu, Budi Lestari dalam paparan materinnya menuturkan, peran pendidikan di rumah sebesar 80 persen dan pendidikan /layanan sekolah sebesar 20 persen.

Oleh karena itu sangat diperlukan sinergi antara rumah dan sekolah. Dengan PPJ itu, orang tua harus mampu menjadi pendidik (transfer ilmu, membina) pembimbing (melatih, membantu), dan pengasuh (menjaga).

“Karena itu, guru harus berinovasi dengan teknologi,” ujarnya.

Orang tua juga perlu mewadahi berbagai macam modalitas gaya belajar anak dengan ragam media. Zoommeeting, menurutnya,  menjadi pilihan yang perlu dimodifikasi dwngan media lain.

“Namun perlu perhatikan tahapan perkembangan anak, rentang fokus, supaya tetap ramah anak,” ujarnya, seperti dikutip Waka Humas SDIT Nur Hidayah, Rahmat Hariyadi, S.Pd. suhamdani

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com