JOGLOSEMARNEWS.COM Netizen

Viral Video Cerita Pengalaman Pendaki yang Tersesat Dituntun Burung Jalak Menuju Puncak Gunung Lawu: Ternyata Bukan Sekadar Mitos

Tangkapan layar unggahan video pendaki dituntun burung Jalak ke puncak Gunung Lawu. Foto: TikTok/mocha_doank

JOGLOSEMARNEWS.COM Sebuah cerita pendaki yang mengaku dituntun seekor burung Jalak hitam saat tersesat di Gunung Lawu menjadi viral di media sosial. Kisah itu bahkan dibuktikan dengan serangkaian video yang diunggah ke akun TikTok.

Berawal dari unggahan video pendakian Gunung Lawu yang diunggah pemilik akun TikTok @mocha_doank, pada Rabu (17/2/2021). Dalam beberapa bagian video, pendaki itu menceritakan pengalaman nyaris tersesat saat perjalanan ke puncak Gunung Lawu.

Awalnya ia berangkat bersama rombongan dan juga dengan ditemani seorang warga setempat yang menjadi penunjuk jalan. Namun di tengah perjalanan ia dan seorang teman tertinggal di belakang dan kehilangan jejak rombongan di depannya.

Hingga akhirnya pendaki itu melihat seekor burung berbulu hitam yang melompat-lompat di depannya. Burung yang diketahui kemudian adalah seekor burung Jalak itu seolah sedang menuntun pendaki tersebut.

Hal itu terlihat dari bagaimana burung itu hanya melompat-lompat di depan pendaki. Burung itu bahkan ikut berhenti saat pendaki berhenti berjalan dan baru mulai melompat setelah pendaki sudah dekat, seolah sengaja menunggu pendaki tersebut.

@mocha_doank

yang pernah ke Lawu pasti tau .. nemu video lama saya ..#fyp #fypシ #fypgakni #fypgakni #lawu

♬ Sounds like a mystery music box – Yohei

“Jadi ceritanya saya tersesat di lawu berdua sama kawan. Konon katanya, kalau di Gunung Lawu, kalau tersesat, ketemu jalak kita akan dituntun. Ternyata bukan mitos. Alhamdulillah saya dituntun sampai puncak,” tulis pengunggah video.

“Subhanallah, dituntun sama jalak Gunung Lawu. Subhanallah,” ujar pendaki dalam video dengan napas terengah-engah.

Di video keempat, pendaki itu pun menceritakan bagaimana ia dan seorang kawannya akhirnya dapat mencapai puncak Gunung Lawu dengan selamat.

“Setelah kelihatan puncaknya burung Jalaknya pun langsung kabur entah ke mana,” tulis pengunggah video.

@mocha_doank

Balas @tiaratna27 happy ending .. next story gunung di Sumbar .. klu rame lagi saya upload #fyp #fypシ #fypgakni #fypgakni #fypdong #lawu #gunung

♬ original sound – Mocha Doank – Mocha Doank

Burung Jalak yang disebut Jalak Lawu itu memiliki penampakan berbulu hitam kecoklatan, sementara paruh dan kakiknya berwarna kuning cerah. Burung tersebur kerap terlihat melompat-lompat di depan pendaki, sehingga seolah-olah sedang menuntun mereka.

Cerita tentang burung Jalak Lawu yang menuntun pendaki yang tersesat ke puncak Gunung Lawu sendiri sudah lama beredar di kalangan pendaki.

Mitos tersebut bermula dari cerita tentang raja terakhir kerajaan Majapahit, Brawijaya V, yang moksa di Gunung Lawu saat menghindar dari kejaran pasukan Demak.

Moksa sendiri adalah konsep dalam agama Hindu untuk menjelaskan peristiwa kelepasan atau kebebasan dari ikatan duniawi maupun putaran reinkarnasi.

Brawijaya V mendaki Gunung Lawu dengan dikawal tiga orang kepercayaannya, yakni Sabdo Palon, Dipa Manggala, dan Wangsa Menggala.

Dalam perjalanan tersebut, Raja Brawijaya V moksa di Hargo Dalem. Kemudian Dipa Manggala dititahkan menajdi Sunan Lawu yang bertugas menjaga Gunung Lawu, sementara Wangsa Menggala dititahkan menjadi Kyai Jalak. Inilah yang kemudian dikaitkan dengan banyaknya cerita burung Jalak di Gunung Lawu.

Baca Juga :  Diserbu Netizen Indonesia karena Hasil Survei, Microsoft Tutup Kolom Komentar di Instagram