JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Cara Mengatasi Serangan Kera di Ladang dan Rumah yang Diterapkan Warga Kecamatan Jatipurno Wonogiri ini Layak Ditiru Daerah Lain, Intip Langkah-langkahnya, Kuy

Warga melintas di jalan dekat Gunung Gandul, Wonogiri, yang dipenuhi kera. Foto : warga
Warga melintas di jalan dekat Gunung Gandul, Wonogiri, yang dipenuhi kera. Foto : warga

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM
Terbukti, serangan kawanan kera di lahan pertanian dan pemukiman di sejumlah wilayah Wonogiri meresahkan masyarakat. Sejumlah pihak kemudian berupaya mencari solusi atas permasalahan itu.

Nah, salah satu solusi yang ditawarkan di Kecamatan Jatipurno Wonogiri adalah melalui penyediaan sumber makanan di habitat kera. Hal ini diawali dengan penanaman bibit pohon di hutan Petak 71-3 dan 86-1 BKPH Lawu Selatan, Desa Kembang, Kecamatan Jatipurno, Wonogiri.

Baca Juga :  Wujud Kristalisasi Komitmen, Wonogiri Raih Penghargaan Pembangunan Daerah alias PPD dari Bappenas

Dalam rilis yang diterima JOGLOSEMARNEWS.COM , kegiatan yang dilakukan bersama relawan tersebut untuk menanggulangi kawanan kera liar yang kerap menyerang permukiman warga, beberapa tahun terakhir. Selain itu, aksi penanaman pohon sebagai upaya mencegah terjadinya erosi di kawasan hutan.

Ribuan bibit pohon tersebut merupakan donasi dari para dermawan melalui gerakan sedekah tanaman yang digalang oleh Tarmin warga Kuryo, Jatipurno beberapa bulan lalu melalui kitabisa.com.

Baca Juga :  Lagu Kopi Wonogiri dari Rou Romano Sang Penyanyi Hip-hop, Liriknya Ada 2 Versi Loh

Tarmin, mengatakan, beberapa tahun terakhir ini sejumlah warga di Kabupaten Wonogiri dibuat resah dengan adanya segerombolan kera liar yang turun gunung. Kawanan kera ekor panjang itu menjarah tanaman yang ada di kebun warga. Bahkan beberapa kera mengambil makanan di dapur warga.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com